Diminta Pemerintah Buat Ventilator Covid-19, Ini Tanggapan Toyota dan Daihatsu

Riyandy Aristyo ยท Senin, 30 Maret 2020 - 17:50 WIB
Diminta Pemerintah Buat Ventilator Covid-19, Ini Tanggapan Toyota dan Daihatsu

Toyota dan Daihatsu siap mendukung pembuatan ventilator, namun untuk memproduksi alat kesehatan membutuhkan persiapan matang. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meminta industri otomotif di Indonesia memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator. Hal ini untuk menangani pandemi virus corona (Covid-19) yang masih menghantui masyarakat Indonesia.

Menanggapi itu, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya sangat mendukung imbauan tersebut. Namun, untuk memproduksi alat kesehatan membutuhkan persiapan matang.

"Kami selalu berusaha men-support pemerintah terlebih dalam situasi seperti ini, baik kepada konsumen maupun masyarakat. Soal alat kesehatan (ventilator), butuh studi lebih dalam dan persiapan yang matang," ujar Anton saat dihubungi iNews.id, Senin (30/3/2020).

Senada dengan TAM, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengatakan untuk memproduksi alat kesehatan berupa ventilator masih dipelajari. "Saya belum bisa berkomentar banyak, namun imbauan Kemenperin sedang dipelajari," katanya.

Sebagai informasi, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong perusahaan otomotif membuat prototipe ventilator untuk memenuhi kebutuhan penanganan pasien corona.

"Untuk suplai ventilator, akan dibuat prototipe sederhana yang dapat diproduksi massal melalui kerja sama antara industri otomotif dengan industri komponen," katanya

Editor : Dani Dahwilani