Discontinue, Nissan Juke Generasi Terbaru Meluncur di Eropa

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 30 Agustus 2018 - 12:05 WIB
Discontinue, Nissan Juke Generasi Terbaru Meluncur di Eropa

Di Amerika Serikat (AS) discontinue, Nissan akan luncurkan Juke generasi terbaru di Eropa. (Foto: Autocar)

LONDON, iNews.id - Jika di sejumlah negara Asia dan Amerika Serikat (AS) Nissan Juke disuntik mati (discontinue), lain halnya di Eropa. Mereka justru akan meluncurkan generasi terbaru Juke dengan tampilan baru.

Dilansir dari Autocar, Kamis (30/8/2018), rencannya Juke yang didesain di Studio Nissan London, Inggris akan debut di gelaran Motor Show, beberapa bulan ke depan dan akan diproduksi pada 2019.

"Wajahnya tak terlalu mirip dengan yang terakhir. Juga tak terlalu mirip dengan IMx (crossover listrik konsep yang dikenalkan di Tokyo, tahun lalu atau New Leaf," ujar bos desain Nissan Global, Alfonso Albaisa.

Albaisa menampik rumor bahwa pengganti Juke telah ditinjau dan dikirim kembali untuk didesain ulang. "Juke pasti akan segera hadir. Tetapi tidak bisa 'dikirim kembali'. Saya tidak yakin dari mana cerita itu berasal. Ini mobil yang sangat keren dan masih memiliki pamor," katanya.

Seperti diketahui, generasi pertama Nissan Juke dikenalkan di Geneva Motor Show pada 2010 dan langsung mendapatkan popularitasnya di kelas supermini-sized crossover.

Di Eropa, penjualan Juke terus tumbuh hingga 10 kali lipat antara 2010 hingga 2016. Pada 2022 diperkirakan akan naik dua kali lipat dari 2016, sebanyak 1,13 juta unit.

Generasi terbaru Juke sepertinya akan diproduksi menggunakan pengembangan versi Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, yakni V-platform yang juga dipakai untuk Renault Clio dan Nissan Micra.

Diperkirakan Juke akan dibekali mesin berkapasitas 899 cc 3-silinder dan 1.197 cc 4-silinder turbo yang digunakan Micra dan Qashqai. Kedua mesin tersebut menghasilkan output maksimal 89 hp dan 114 hp.

Nissan juga akan mempersiapkan mesin diesel 1.5L bertenaga 109 hp pada Juke terbarunya ini, dengan sistem four-wheel drive (AWD) transmisi otomatis sebagai versi tertinggi.

Menimbang tingkat risiko dan seberapa nyamannya mobil ini, kemungkinan besar Nissan akan mempertahankan karakter Juke hingga peluncurannya tiba.


Editor : Dani Dahwilani