Ekspansi di China, Tesla Mulai Bangun Pabrik Perakitan Mobil Listrik

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 20:38 WIB
Ekspansi di China, Tesla Mulai Bangun Pabrik Perakitan Mobil Listrik

Ekspansi, produsen mobil listrik Amerika Serikat (AS), Tesla akan membangun pabrik perakitan di China. (Foto: Telegraph)

MICHIGAN, iNews.id - Demi melebarkan sayap di benua Asia, produsen mobil listrik Amerika Serikat (AS), Tesla akan membangun pabrik perakitan di China. Hal tersebut sudah dilakukan Senin kemarin dengan melakukan peletakan batu pertama di pabrik Shanghai oleh pimpinan Tesla, Elon Musk.

Dikutip dari Telegraph, Selasa (8/1/2019), melalui pabrik tersebut, Tesla berharap dapat lebih mudah menjangkau konsumen di China, terlepas dari perang dagang antara China dan AS.

Pada Juli lalu, Tesla mengumumkan rencana terbesar untuk pasar luar negeri, yaitu mendirikan pabrik berkapasitas produksi 500.000 unit per tahun, yang akan meningkatkan penjualan mereka di China sebagai pasar mobil terbesar dunia.

"Menanti-nantikan terobosan di @Tesla Shanghai Gigafactory hari ini!" tulis Musk melalui akun Twitternya.

"Ditargetkan konstruksi selesai awal musim panas ini, mulai produksi Model 3 di akhir tahun dan mencapai produksi volume tinggi pada tahun depan," sambung Musk.

Dalam beberapa hari ke depan, Musk akan berada di Shanghai untuk memulai dan mengawasi pembangunan pabrik yang digadang-gadang menelan biaya hingga 5 miliar dolar AS.

Seperti diketahui, dengan dibukanya produksi di China memungkinkan Tesla menghindari tarif dagang AS-China, yang menyebabkan lonjakan harga mobil karena model Tesla saat ini berstatus impor.

Selain itu, tantangan yang akan dihadapi produsen mobil listrik ini adalah prospek pasar di China yang bisa saja sewaktu-waktu akan menurun.

Adapun pabrik Tesla di Shanghai akan menjadi lini produksi pertama di luar Amerika Serikat, dan diklaim akan dimiliki sepenuhnya oleh Tesla.


Editor : Dani Dahwilani

TAG : tesla