Esemka Mengaku Kesulitan Cari Mitra Lokal Pemasok Komponen

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 10:05 WIB
Esemka Mengaku Kesulitan Cari Mitra Lokal Pemasok Komponen

Esemka diharapkan dapat menggunakan 100 persen komponen lokal pada produksi mobilnya. (Foto: Salvage Yards Denver)

JAKARTA, iNews.id - Esemka diharapkan dapat menggunakan 100 persen komponen lokal pada produksi mobilnya. Saat ini, sudah banyak perusahaan lokal yang bisa membuat komponen kendaraan.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya mengaku kesulitan mencari mitra supplier lokal untuk mendukung produksi mobil Esemka. "Kami terus berupaya menggandeng komponen lokal. Saat ini, sudah ada beberapa industri komponen lokal yang mendukung produksi mobil Esemka," ujarnya di Jakarta.

Eddy mengungkapkan, saat ini mobil Esemka Bima sudah memakai komponen dalam negeri, antara lain tangki BBM dan chassis dari PT INKA, kemudian kaca dari Armada Indah Agung Glass. Sementara blok mesin serta blok transmisi dari Cikarang Perkasa Manufacturing.

Baca: Diproduksi di Indonesia, Esemka Bukan Mobil Nasional

Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Harjanto mengungkapkan, saat ini sudah lebih dari 1.500 perusahaan komponen di Indonesia membuat bahan baku mobil. Sebagian besar sudah tier 1.

"Kalau Esemka mau bikin mobil, ya pakai komponen lokal. Sudah banyak perusahaan lokal yang bisa bikin bahan bakunya. Kami punya anggota yang bisa menyuplai," ujar Harjanto.

Harjanto menyambut baik penandatangan Letter of Intent antara Esemka dengan industri komponen dalam pembukaan Pameran Industri Komponen di Kementerian Perindustrian, pada 13-14 Agustus 2019. Harapannya, Letter of Intent ini akan menjadi Letter of Aggrement di kemudian hari.


Editor : Dani Dahwilani