Gandeng Toyota, Suzuki Kembangkan Mobil Berteknologi Hybrid

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:49 WIB
Gandeng Toyota, Suzuki Kembangkan Mobil Berteknologi Hybrid

Gadeng Toyota, Suzuki kembangkan mobil berteknologi hybrid (Foto: gaadiwaadi)

PARIS, iNews.id - Suzuki diketahui tengah menjalin kerjasama dengan Toyota terkait produksi mobil masa depannya. Salah satu hasil kolaborasinya adalah menghadirkan mobil dengan powertrain hybrid di Eropa, bahkan pasar global.

Dilansir dari GaadiWaadi, Sabtu (23/3/2019), Toyota akan menyuplai sistem hybrid untuk Suzuki, yang akan dipakai untuk produk globalnya. Sayangnya, tak ada informasi mengenai kapan waktu peluncurannya.

Model pertama Suzuki diklaim akan memakai platform dari Toyota RAV4, sedangkan model kedua akan memakai platform Corolla Wagon. Kedua model itu kabarnya sudah memakai platform andalan Toyota yakni TNGA (Toyota New Global Architecture).

Bedanya, RAV4 hybrid menggunakan platform TNGA-K, sementara Corolla Wagon memakai TNGA-C. Meski berbasis sama, kedua platform ini dibangun dengan struktur berbeda.

Namun demikian, Suzuki kemungkinan akan memberikan sentuhan berbeda pada kedua model yang berbasis Toyota itu, agar bisa membedakan mana yang menggunakan emblem Suzuki dan mana yang Toyota.

Di sisi lain, Toyota juga dikabarkan akan menggunakan mesin baru hasil pengembangan Suzuki untuk mobil kompaknya di Eropa (Polandia).


Editor : Dini Listiyani