Gara-Gara PHK, Peringkat Tesla di Situs Pekerjaan Turun

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 15:30 WIB
Gara-Gara PHK, Peringkat Tesla di Situs Pekerjaan Turun

Peringkat Tesla Inc di dua situs pekerjaan ternama turun seiring dengan meningkatnya ketidakpuasan karyawan. (Foto: Business Insider)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Peringkat Tesla Inc di dua situs pekerjaan ternama turun seiring dengan meningkatnya ketidakpuasan karyawan di perusahaan mobil listrik Amerika Serikat (AS) tersebut. Pemutusan hubungan kerja (PHK), perubahan strategi dan pergantian eksekutif perusahaan, dinilai sebagai penyebabnya.

Dilansir dari Reuters, Selasa (11/6/2019), Tesla harus puas menempati posisi ke-16 dalam daftar tahunan situs LinkedIn, “Perusahaan-Perusahaan Teratas 2019” yang diterbitkan pada April lalu.

Sementara di situs pekerjaan Glassdoor, peringkat Tesla pada kuartal pertama 2019 turun menjadi 3,2 bintang (rating tertinggi 5,0 bintang) dari 3,6 bintang pada 2017.

Meski demikian, juru bicara Tesla mengatakan, perusahaan tetap menjadi yang paling dicari. Tesla mengklaim telah menerima lebih dari setengah juta lamaran pekerjaan pada 2017 dan diperkirakan melebihi angka itu pada 2019.

Tesla sendiri juga masuk daftar "Perusahaan Paling Inovatif" versi Forbes pada tahun lalu. Mereka menempatkan Tesla dan unit usaha SpaceX sebagai perusahaan paling menarik bagi mahasiswa teknik.

Berdasarkan data SEC, Tesla tercatat memiliki 48.817 karyawan penuh waktu pada akhir 2018, setelah memangkas 9 persen karyawan yang diumumkan pada Juni 2018. Tesla juga telah mengumumkan akan memberhentikan 7 persen tenaga kerjanya pada Januari.

Sementara menurut data statistik situs lowongan kerja Thinknum, Tesla memiliki 1.100 pekerjaan yang diposting di webnya, turun dari 2.510 pada Januari. Namun, Tesla mengatakan posting pekerjaan berbeda dengan lowongan pekerjaan, karena satu posting dapat mewakili banyak lowongan.


Editor : Dani Dahwilani