Hadapi Kompetitor, BMW Produksi Mobil Hybrid-Listrik

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 04 Desember 2018 - 17:15 WIB
Hadapi Kompetitor, BMW Produksi Mobil Hybrid-Listrik

Anggota Dewan Direksi BMW Klaus Froehlich. (Foto: Reuters)

LOS ANGELES, iNews.id - Dalam menciptakan mobilitas ramah lingkungan, BMW akan membuat mobil hybrid yang bisa beralih ke mode khusus berpenggerak listrik secara otomatis. Mobil ini akan dijual di wilayah perkotaan dengan tingkat polusi tinggi.

Dilansir dari Reuters, Selasa (4/12/2018), Anggota Dewan Direksi BMW, Klaus Froehlich mengatakan, langkah tersebut diambil agar perusahaan bisa bertahan dari kompetitor yang bermain di segmen mobil listrik.

"Mobil mematikan mesin pembakaran secara otomatis. Ini salah satu cara BMW bisa membuktikan kepada para kompetitor mobil listrik," ujar Froehlich di Los Angeles, AS.

Berkat konektivitas dan sistem navigasi BMW, mobil-mobil ini dapat dikonversi secara otomatis untuk mematikan mesin bakar. Contohnya, BMW X5 yang bisa menempuh jarak hingga 80 km dalam mode listrik.

Saat ini, BMW mendemonstrasikan teknologi ini kepada otoritas di kota-kota Jerman yang akan melarang mobil bermesin diesel karena mencemari udara. Kendaraan bermesin hybrid sangat penting bagi konsumen Eropa karena biasanya mereka hanya mengandalkan satu jenis mobil untuk berbagai keperluan.

Pengadilan administratif Jerman pada Februari lalu memutuskan kota-kota dapat melarang penggunaan kendaraan diesel di sejumlah ruas jalan guna meningkatkan kualitas udara kota.


Editor : Dani Dahwilani