Harga Mobil Listrik Bakal Lebih Murah di 2030

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 19:53 WIB
Harga Mobil Listrik Bakal Lebih Murah di 2030

PLN memperkirakan, harga baterai kendaraan listrik akan berada di harga paling rendah pada 2030. (Foto: Oil Price)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu pertimbangan masyarakat enggan membeli mobil listrik adalah harganya masih mahal. Ini karena komponen baterai mobil listrik nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Head Project Mobil Listrik PT PLN, Zainal Arifin memperkirakan, harga baterai kendaraan listrik akan berada di harga paling rendah pada 2030. Ini seiring dengan penurunan bahan baku baterai atau lithium.

"Harga baterai listrik sebenarnya telah mengalami tren penurunan sejak 2010. Bahkan di 2018, turunnya cukup signifikan. Nanti, di 2030 semoga harganya menyentuh paling minim," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Untuk menekan harga bahan baku, Zainal menyebutkan, PT PLN sedang membuat baterai kendaraan listrik. Namun, belum diketahui bentuk serta waktu peluncurannya kapan.

"Kita memang sedang mengembangkan baterai untuk kendaraan listrik. Untuk saat ini masih belum bisa diinformasikan. Tapi, paling cepat tahun depan sudah bisa dikenalkan," ujar Zainal.

Guna melancarkan rencana tersebut, PLN akan menggandeng beberapa pabrikan elektronik. Lagi-lagi belum ada informasi pabrikan mana yang akan diajak bekerja sama.

"Kita tidak sendiri mengerjakannya (baterai kendaraan listrik). Kita akan menggandeng beberapa perusahaan elektronik yang berpengalaman. LG Chemical misalnya, kita belum tahu," katanya.


Editor : Dani Dahwilani