Hyundai Akan Bangun Pabrik di Indonesia, 53 Persen Diekspor ke Australia

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 03 Juli 2019 - 20:35 WIB
Hyundai Akan Bangun Pabrik di Indonesia, 53 Persen Diekspor ke Australia

Hyundai dikabarkan akan berinvestasi membuka pabrik di Indonesia yang beoperasi pada 2021. (Foto: The Korea Herald)

JAKARTA, iNews.id - Raksasa otomotif Korea Selatan, Hyundai dikabarkan akan berinvestasi membuka pabrik di Indonesia yang beoperasi pada 2021. Selain untuk memenuhi pasar Tanah Air, rencananya produksi mobil akan diekspor ke Australia.

"Hyundai akan membuka pabrik di Indonesia yang nantinya akan jadi basis ekspor, seperti ke Australia dan sekitarnya. Di sana banyak yang menggunakan mobil Hyundai," ujar Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi di SCBD, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Terkait model apa yang akan diproduksi Hyundai di pabrik tersebut, Nangoi mengatakan, itu menjadi keputusan Hyundai. Tidak bisa dipengaruhi oleh asosiasi, apakah SUV, MPV, hatchback, atau sedan.

"Tentunya, target market mereka (Hyundai) yang menentukan karena berkaitan dengan strategi pemasaran. Fokusnya membangun pabrik perakitannya terlebih dahulu," katanya.

Lokasi untuk membangun pabrik Hyundai di Indonesia masih belum ditentukan. Namun, untuk produksi, rencananya akan dilakukan mulai 2021 dengan kapasitas 70.000 hingga 250.000 unit per tahun. "Targetnya, sebanyak 47 persen produksi untuk pasar domestik dan 53 persen untuk ekspor," kata Nangoi.

Editor : Dani Dahwilani