Hyundai Ciptakan Teknologi untuk Pengemudi Tuna Rungu

Riyandy Aristyo ยท Senin, 14 Januari 2019 - 10:11 WIB
Hyundai Ciptakan Teknologi untuk Pengemudi Tuna Rungu

Hyundai menciptakan teknologi Audi-Visual Conversation (AVC) dan Audio-Tactile Conversion (ATC) untuk pengemudi tuna rungu. (Foto: Autoindustriya)

SEOUL, iNews.id - Perkembangan teknologi di dunia otomotif dari hari ke hari semakin maju. Terbaru, pabrikan mobil Korea Selatan, Hyundai menciptakan fitur berkendara khusus untuk orang-orang keterbatasan pendengaran (tuna rungu).

Dilansir dari Autoindustriya, Senin (14/1/2019), teknologi yang dikembangkan Hyundai adalah Audi-Visual Conversation (AVC) dan Audio-Tactile Conversion (ATC). AVC berfungsi membantu orang-orang dengan gangguan pendengaran yang menjadi pengemudi, sehingga bisa berkomunikasi seperti pengemudi pada umumnya.

Teknologi ini merupakan gabungan dari suara internal dan eksternal yang bekerja melalui sentuhan serta visual. Memanfaatkan kecerdasan buatan yang menganalisis pola suara dengan dua sistem bantuan mengemudi yang terpisah untuk bekerja sama dalam menerjemahkannya ke isyarat visual dan sentuhan.

Hyundai
Teknologi tersebut memungkinkan pengemudi berkomunikasi dengan lingkungan eksternal melalui penggambaran visual dari pola suara, seperti suara peringatan kendaraan melalui piktogram yang muncul pada tampilan head-up (HUD). Selain itu, setir kemudi juga dilengkapi LED multi-warna yang menunjukkan informasi navigasi saat mengemudi.

Sementara ATC sedikit lebih sederhana daripada AVC. Sistem ini mentransfer data suara menjadi getaran melalui setir. Fitur ini memberi tahu pengemudi informasi tentang lingkungan eksternal seperti jarak dan rintangan.




Editor : Dani Dahwilani