Hyundai Kembali Buka Pabrik di Ceko, Jadi yang Pertama Beroperasi di Eropa

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 14 April 2020 - 21:45 WIB
Hyundai Kembali Buka Pabrik di Ceko, Jadi yang Pertama Beroperasi di Eropa

Pabrik mobil Hyundai di Republik Ceko akan kembali dibuka setelah berhenti produksi selama tiga pekan akibat pandemi virus corona. (Foto: iNews.id)

PRAGUE, iNews.id - Pabrik mobil Hyundai di Republik Ceko akan kembali dibuka setelah berhenti produksi selama tiga pekan akibat pandemi virus corona (Covid-19). Pabrik ini menjadi yang pertama di Eropa kembali produksi.

Dilansir dari Reuters, Selasa (14/4/2020), industri otomotif menyumbang 10 persen dari output ekonomi dan seperempat ekspor Republik Ceko. Jumlah karyawan yang dipekerjakan mencapai 150.000 orang.

Produsen mobil terbesar ketiga di negara itu telah berhenti sejak pertengahan Maret sebagai bagian dari upaya mencegah wabah virus corona.

Hyundai tercatat memproduksi 309.500 unit mobil pada tahun lalu, dan hampir semuanya untuk ekspor. Kini, shift pekerja akan dikurangi menjadi dua dari tiga shift. Satu jadwal kosong tersebut akan digunakan untuk desinfektan.

Di sisi lain, TPCA, perusahaan patungan Toyota Motor Co dan Peugeot, mengatakan akan memperpanjang penghentian hingga 4 Mei, dari sebelumnya akan buka pada akhir pekan ini.

Sementara Eleksportir terbesar di Ceko, Skoda Volkswagen masih merumahkan pekerja sampai 27 April.

Sebaliknya, produsen ban Continental membuka kembali pabrik di Ceko yang mempekerjakan lebih dari 5.000 orang di timur negara itu dengan produksi terbatas pada Selasa.

Wabah virus telah membuat sebagian besar Eropa lockdown dan menyebabkan banyak pabrik menganggur. Asosiasi Industri Otomotif Ceko mengatakan 90 persen sektor ini lumpuh akibat krisis dan sepertiga terpaksa menghentikan operasi. Sebagai dampaknya pemerintah memperkirakan ekonomi kontraksi 5 persen pada tahun ini.

Editor : Dani Dahwilani