Implementasi Euro 4 Mundur 1 Tahun, Isuzu Simpan Produk Baru hingga 2022

Riyandy Aristyo ยท Senin, 29 Juni 2020 - 08:10 WIB
Implementasi Euro 4 Mundur 1 Tahun, Isuzu Simpan Produk Baru hingga 2022

Selain berpengaruh pada penjualan dan batalnya event otomotif, pandemi Covid-19 membuat standar emisi diesel Euro 4 mundur satu tahun dari jadwal. (Foto: Dok/Isuzu)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat sektor industri otomotif terpuruk. Selain berpengaruh pada penjualan dan batalnya event otomotif, pandemi tersebut membuat standar emisi diesel Euro 4 mundur satu tahun dari jadwal.

Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril mengatakan, pihaknya harus mengatur ulang strategi peluncuran produk baru yang sudah berstandar Euro 4.

"Karena pandemi, implementasi Euro 4 harus tertunda hingga 1 tahun. Dampaknya, kita jadi menunda perkenalan produk baru yang sudah prefer ke Euro 4," ujar Attias saat diskusi virtual Forum Wartawan Otomotif, belum lama ini.

Attias menambahkan, rencananya, baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor Euro 4 di Indonesia akan berlaku mulai April 2021. Karena mundur satu tahun, implementasinya menjadi April 2022.

"Kita sudah diinformasikan Gaikindo di mana mereka menerima surat dari Kementerian Lingkungan Hidup yang menyatakan implementasi Euro 4 untuk kendaraan diesel ditunda sampai April 2022," katanya.

Artinya, dengan penundaan jadwal penerapan standar Euro 4 kepada semua kendaraan bermesin diesel, Isuzu terpaksa menyimpan produk barunya tersebut hingga 2022, dengan persiapan yang lebih matang.

Editor : Dani Dahwilani