Ini Kondisi Terkini Pabrikan Mobil Mewah Asal Inggris di Tengah Pandemi Covid-19

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:39 WIB
Ini Kondisi Terkini Pabrikan Mobil Mewah Asal Inggris di Tengah Pandemi Covid-19

Kondisi pabrikan mobil mewah di Inggris (Foto : Carscoops)

JAKARTA, iNews.id - Pabrikan otomotif asal Inggris dikenal sebagai pusatnya merek-merek mobil mewah dan eksotis. Sebut saja Lotus, Bentley, Rolls-Royce dan Aston Martin.

Namun, karena pandemi virus corona, mereka juga mengalami penurunan penjualan hingga pemecatan sejumlah karyawan untuk menstabilkan neraca keuangan.

Berikut adalah kondisi terkini pabrikan mobil mewah yang bertahan di masa pandemi Covid-19, yang sudah dikumpulkan iNews.id dari berbagai sumber:

1. Lotus dan Geely

Saat ini, Lotus berada di bawah naungan raksasa otomotif Jepang, Geely. Keduanya saling berkesinambungan di mana Geely juga membutuhkan peran Lotus untuk mengembangkan sayapnya di segmen mobil mewah.

Demi bertahan di tengah pandemi Covid-19, Geely sudah menyimpan dana sebesar Rp39 triliun. Artinya, dengan dana tersebut, Lotus tak perlu khawatir akan isu kebangkrutan.

Kendati demikian, bukan berarti Lotus berpangku tangan pada Geely. Mereka sudah menyiapkan model andalan berupa hypercar listrik Evija (meluncur 2022) dan sebuah SUV sebagai persembahannya kepada Geely.

2. Rolls-Royce

Selain Lotus, Rolls-Royce juga sepertinya masih bisa bernafas lega. Para calon konsumen mobil yang sudah terhubung sebelum pandemi masih terus melakukan komunikasi sampai saat ini meski showroom ditutup karena lockdown.

Kepala desain Rolls-Royce, Alex Innes mengatakan situasi ini justru dapat dimanfaatkan calon pembeli mendapatkan lebih banyak waktu dalam personalisasi mobil pesanannya. Artinya, Rolls-Royce tidak mengalami pembatalan pesanan yang signifkan karena krisis ini.

3. Bentley

Bentley juga masih dapat mengamankan keuangannya lantaran berhasil menjual 80 persen produksi 2020. Persetujuan antara Bentley dan pembeli sudah difinalisasi sebelum berbagai aktivitas sosial ekonomi ditiadakan.

Satu-satunya masalah yang dihadapi Bentley saat ini adalah terkait pemenuhan permintaan di mana pabrik yang beroperasi masih sangat terbatas produksinya.

4. Aston Martin

Aston Martin bisa dibilang satu-satunya merek mobil mewah asal Inggris yang sedang dilanda ombak besar. Pergantian CEO hingga pemutusan hubungan kerja dilakukan oleh Aston Martin untuk mengimbangi neraca keuangan.

Editor : Vien Dimyati