Ini Warna Mobil Paling Disukai dan Kurang Diminati Konsumen

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 19 Maret 2019 - 22:29 WIB
Ini Warna Mobil Paling Disukai dan Kurang Diminati Konsumen

Konsumen mobil di Indonesia kebanyakan memilih warna-warna umum, seperti hitam dan putih. (Foto: Toyota/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Konsumen yang ingin membeli mobil pasti memiliki kriteria, seperti jenis mobil, harga, merek, mesin, sistem transmisi, dimensi dan warna. Kriteria ini tak melulu pada mobil baru, tapi berlaku pada mobil bekas.

Sales Supervisor Toyota Trust Bintaro, Abd Rahim Amihsa Ramadhan mengemukakan, beberapa orang cenderung menyukai warna-warna unik atau yang jarang dipilih orang lain. Namun, kebanyakan lebih condong ke warna-warna umum, seperti hitam dan putih.

"Beberapa tahun belakangan warna mobil baru cenderung lebih banyak putih dan hitam. Hal ini juga terjadi di penjualan mobil bekas yang saat ini dominan warna putih dan hitam," ujar Ramadhan, saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Saking banyaknya, kata Ramadhan, permintaan mobil warna putih dan hitam sulit terpenuhi. "Kita sampai pernah kewalahan, saking tingginya permintaan warna putih dan hitam," katanya.

Dia menuturkan, pihaknya pernah memasukkan satu jenis mobil dengan tiga pilihan warna, yaitu putih, hitam dan silver. Dalam waktu singkat, warna putih dan hitam langsung laku.

"Kita sampai harus re-stok tiga kali untuk warna putih dan hitam. Sementara si silver, belum ada yang mencolek," kata Ramadhan.

Dia menambahkan, warna yang jarang peminatnya adalah warna-warna cerah dan colourful. Tidak semua orang menyukai warna-warna tersebut.

"Kalau yang cukup susah dijual itu yang warna-warna langka dan colourful. Kayak waktu itu oranyenya Sienta. Itu kita lama banget sampai akhirnya laku," ujar Ramadhan.

Meski demikian, Ramadhan menyarankan, jika hendak repaint (cat ulang), gunakan jenis warna yang sama dengan aslinya. Hal tersebut lebih memudahkan saat dijual kembali.


Editor : Dani Dahwilani