Jaguar I-Pace Dilengkapi Teknologi Suara untuk Tuna Netra

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 17:10 WIB
Jaguar I-Pace Dilengkapi Teknologi Suara untuk Tuna Netra

Jaguar I-Pace Dilengkapi Teknologi Suara untuk Tuna Netra (Foto: Autocar)

LONDON, iNews.id - Mobil listrik sengaja di desain tanpa mengeluarkan suara yang bising, tak seperti mobil konvensional. Namun, ada juga mobil listrik yang sudah dilengkapi dengan suara sebagai tanda peringatan untuk para pejalan kaki.

Dikutip dari Autocar, Sabtu (13/10/2018), salah satu mobil listrik yang menggunakan suara adalah Jaguar I-Pace. Uniknya, teknologi suara yang disebut Audible Vehicle Alert System (AVAS) Jaguar I-Pace, menjadi yang pertama secara khusus ditujukan untuk tuna netra.

"Kami mengembangkan Audible Vehicle Alert System untuk I-Pace, guna memastikan keamanan semua pengguna jalan," ujar Jaguar NVH Technical Specialist, Suffield.

Suara yang dipancarkan oleh I-Pace dikembangkan dan diuji dengan bantuan dari anggota UK Charity Guide Dogs for the Blind. Suara itu melebihi level volume minimum 56dB(B) yang diperlukan oleh peraturan Eropa mendatang.

"Teknologi kami yang berpotensi menyelamatkan nyawa tak dapat dimatikan. Kami senang mendapatkan dukungan dari Guide Dogs, sebagai badan amal terkemuka bagi orang-orang yang kehilangan penglihatan untuk pengujian kami," jelas Suffield.

Secara teknis, suara yang dihasilkan dari speaker di balik grille depan, akan aktif pada kecepatan hingga 12 mph. Volume suara juga menyesuaikan dengan kecepatan mobil.

Semakin tinggi kecepatan, maka volume juga ikut naik. Ada beberapa nada yang tersedia ketika mobil berubah arah atau saat berjalan mundur.

Istimewanya lagi, suara itu tidak bisa didengar oleh pengemudi dan penumpang di dalam I-Pace. Butuh waktu 4 tahun bagi jaguar untuk mengembangkan AVAS.


Editor : Vien Dimyati