Jeep Grand Cherokee Terbaru Tertangkap Kamera Mata-Mata, Gendong Mesin Listrik

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 13:21 WIB
Jeep Grand Cherokee Terbaru Tertangkap Kamera Mata-Mata, Gendong Mesin Listrik

Dilaporkan gendong mesin listrik dan teknologi otonom, Grand Cherokee model 2021 tertangkap kamera mata-mata sedang diuji jalan. (Foto: Carscoops)

NEW YORK, iNews.id - Jeep Grand Cherokee generasi keempat terakhir diperkenalkan lebih dari satu dekade lalu di New York Auto Show 2009. Model ini dilaporkan akan mendapatkan pembaruan.

Ini setelah Grand Cherokee model 2021 tertangkap kamera mata-mata sedang diuji jalan. Mobil tersebut tampak disamarkan menggunakan kamuflase. Meski demikian, terlihat gril sweptback yang dipasang di atas ower air intake.

Sebagian besar desain ditutupi padding tebal, tetapi bisa melihat atap yang lebih rata dan wheelbase lebih panjang yang seharusnya menciptakan interior lebih akomodatif. Sorotan penting lainnya termasuk jendela belakang yang sedikit lebih panjang.

Tidak banyak diketahui tentang model ini, tetapi sebuah laporan menyebutkan mobil mirip versi modifikasi dari platform Giorgio Alfa Romeo. Namun itu belum dikonfirmasi, tetapi foto-foto jelas menunjukkan suspensi belakang independen.

Opsi mesin juga belum dikonfirmasi, tetapi Jeep telah mengatakan, akan ada varian plug-in hybrid. Perusahaan juga mengungkapkan pabrik yang membangun Grand Cherokee generasi terbaru akan memiliki fleksibilitas untuk membangun model baterai-listrik sepenuhnya di masa depan.

Mesin entry-level untuk versi terbaru diperkirakan dari Pentastar V6 3,6 liter yang sudah dikenal perusahaan. Tidak diketahui persis kinerja mesin ini. Tapi, versi saat ini memiliki tenaga 295 hp (220 kW/299 PS) dan torsi 260 lb-ft (352 Nm).

Mungkin juga ada versi turbocharged inline-enam baru yang menampilkan teknologi hybrid ringan. Kurang diketahui mengenai model ini, tetapi dikabarkan lebih hemat bahan bakar dibandingkan HEMI V8 5.7 liter. Output maksimal diperkirakan sekitar 360 hp (268 kW/365 PS) dan torsi 390 lb-ft (520 Nm).

Terlepas dari apa yang ada di bawah kap, Jeep telah mengkonfirmasi Grand Cherokee akan memiliki teknologi yang terhubung dan sistem mengemudi semi-otonom Level 3.

Model yang didesain ulang akan dibangun di pabrik perakitan Jefferson North, Detroit, Amerika Serikat (AS) berkat investasi 900 juta dolar AS yang diumumkan pada awal 2019. Model ini juga akan dibangun di fasilitas baru bekas Mack Avenue Engine Complex, Detroit.

Adapun untuk model Cherokee tiga baris dijadwalkan mulai diproduksi pada akhir 2020, sedangkan Grand Cherokee akan menyusul segera setelah paruh pertama 2021.


Editor : Dani Dahwilani