Kembangkan Mobil Swakemudi, Ford dan Volkswagen Bangun Aliansi

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 16:45 WIB
Kembangkan Mobil Swakemudi, Ford dan Volkswagen Bangun Aliansi

Ford dan Volkswagen (VW) siap membangun aliansi dalam pengembangan teknologi mobil swakemudi dan kendaraan listrik. (Foto: The Drive)

WOLFSBURG, iNews.id - Ford dan Volkswagen (VW) siap membangun aliansi dalam pengembangan teknologi mobil swakemudi dan kendaraan listrik. Peresmian kolaborasi kedua raksasa otomotif dunia ini akan digelar di pameran Detroit Motor Show 2019, pekan depan.

Dilansir dari Reuters, Jumat (11/1/2019), Ford dan VW telah menggelar diskusi terkait kemitraannya sejak tahun lalu. Namun, hingga kini belum jelas bentuk aliansi yang akan dibangun.

"Nota kesepahaman kami dengan VW mencakup diskusi tentang potensi kolaborasi di sejumlah bidang," ujar juru bicara Ford, Jennifer Flake.

Di sisi lain, VW sudah lama menunjukkan ketarikannya kepada Ford. Seorang sumber mengatakan aliansi ini terkait swakemudi dan mobil listrik.

"Masih terlalu dini untuk menjelaskan detail tambahan saat ini. Kami memandang ke depan untuk berbagi hal-hal baru," kata Jennifer, menanggapi kabar tersebut.

Ide aliansi ini sendiri muncul saat produsen mobil menghadapi tantangan biaya bahan baku tinggi, seperti baja dan aluminium, sebagai imbas pemberlakuan tarif di AS.

Selain itu, inovasi Tesla, Uber dan Waymo membuat biaya riset perusahaan otomotif melonjak karena harus bersaing dengan perusahaan teknologi.

Ford akhirnya mengambil langkah restrukturisasi besar-besaran dengan menghentikan produksi hampir semua model sedan dan kompak di Amerika Utara. Mereka juga memangkas tenaga kerja secara global.

Setali tiga uang, VW berjuang memperbaiki perusahaan setelah skandal emisi diesel pada 2015, yang mencoreng nama mereka dan mengurangi keuntungan perusahaan.


Editor : Dani Dahwilani