Kendaraan Logistik Otonom asal AS Dapat Suntikan Rp13,2 Triliun

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 13 Februari 2019 - 21:25 WIB
Kendaraan Logistik Otonom asal AS Dapat Suntikan Rp13,2 Triliun

Nuro mendapatkan investasi sebesar 940 juta dolar AS atau sekitar Rp13,2 triliun untuk kebutuhan produksi. (Foto: Mashable)

SAN FRANSISCO, iNews.id - Nuro, perusahaan rintisan (startup) asal California, Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan kendaraan pengiriman barang (logistik) tanpa awak alias otonom dengan menggandeng jaringan distribusi supermarket, Kroger. Seperti apa layanan yang mereka berikan?

Dilansir dari Reuters, Rabu (13/2/2019), secara teknis layanan tersebut dapat mengakomodir pesanan seseorang secara online dan mengirimkannya melalui kendaraan tanpa pengemudi yang beroperasi secara independen.

"Kami telah menghabiskan waktu dua setengah tahun untuk membangun tim yang luar biasa meluncurkan layanan tanpa awak," ujar pendiri Nuro, Dave Ferguson.

Kini, Nuro berhasil mendapatkan investasi sebesar 940 juta dolar AS atau sekitar Rp13,2 triliun untuk kebutuhan produksi.

Perusahaan yang beroperasi di wilayah San Francisco ini akan menggunakan dana tersebut untuk memperluas layanan pengiriman ke daerah-daerah baru, menambah mitra, memperluas armada, serta menumbuhkan tim kerja.

"Kemitraan ini memberi kami kesempatan mengambil langkah ke depan dalam mewujudkan visi kami demi perdagangan lokal dan penerapan luas teknologi kami," kata Dave.

Diketahui, Nuro merupakan salah satu startup terbaik di AS yang didirikan oleh dua mantan insinyur swakemudi Google, Dave Ferguson dan Jiajun Zhu pada 2016. "Bekerja dengan mitra yang luar biasa dan menciptakan teknologi secara fundamental, meningkatkan kehidupan sehari-hari kami," ujar Ferguson.


Editor : Dani Dahwilani