Libur Akhir Tahun, Gunakan Mobil Keluarga yang Nyaman dan Lega

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 09:45 WIB
Libur Akhir Tahun, Gunakan Mobil Keluarga yang Nyaman dan Lega

Untuk berlibur bersama keluarga, dibutuhkan mobil yang punya ruang kabin luas dan nyaman. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Libur panjang akhir tahun semakin dekat. Masyarakat di Ibu Kota sudah mulai merencanakan liburannya baik di dalam kota maupun luar kota.

Untuk berlibur bersama keluarga, dibutuhkan mobil yang punya ruang kabin luas dan nyaman. Di mana mobil yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia adalah model multi purpose vehicle (MPV) .

Mobil ini memiliki dimensi lebar, interior lapang dengan kursi baris kedua dan ketiga bisa dilipat sehingga penumpang nyaman serta dapat memuat barang banyak. Salah satunya adalah Toyota Avanza.

Hendro Priyo (51), warga Tebet, Jakarta Timur menuturkan, setiap libur panjang akhir tahun dirinya selalu mengajak keluarga liburan ke luar kota. Dia bersyukur punya Avanza karena bisa menampung banyak penumpang dan barang.

"Sebenarnya tak hanya libur akhir tahun, liburan sekolah juga jadi momen saya mengajak keluarga jalan-jalan ke luar kota. Dulu saya hanya punya mobil sedan, sementara jumlah anggota bertambah ada tujuh. Maka itu, saya beli Grand New Avanza yang punya kabin lega dan nyaman," ujar Hendro, saat berbincang dengan iNews.id.

Secara dimensi Toyota Avanza memiliki panjang, lebar 4.190 x 1.660 x 1.695 mm dengan bobot kosong mencapai 1.085 kg. Tak heran, Grand New Avanza sanggup menampung penumpang hingga tujuh orang.

Avanza juga mempunyai akomodasi lebih nyaman dengan konfigurasi pelipatan bangku ketiga 50:50. Jadi, tidak perlu pusing mengajak anggota keluarga dan membawa barang banyak.

Selain itu, dengan jarak sumbu roda mencapai 2.655 mm akan memudahkan pengemudi bermanuver di berbagai kondisi jalan. Sebenarnya, ukuran tubuh Grand New Avanza tak terlalu berbeda jauh dengan versi lamanya. Hanya Grand New Avanza didukung stabilitas dan kenyamanan penumpang.

Avanza juga memiliki daya tahan yang lebih baik berkat sasis semi-monokok yang digabung dengan sub-frame. Toyota menyebutnya "Unibody", di mana sasis bagian tengah ke depan menggunakan ladder frame, sementara setengah ke belakang memakai sasis monokok. Sasis ini sangat sesuai dengan sistem gerak roda belakang.

Keunggulan yang dimiliki Unibody adalah daya tahan lebih baik dan kemampuan menahan beban. Sebab itu, walaupun Avanza terisi seluruh penuh, masih tetap nyaman digunakan di berbagai kondisi jalan.


Editor : Dani Dahwilani