Membedah Konsep Takumi di Balik Kemewahan Desain Mewah Lexus

Dani M Dahwilani ยท Sabtu, 20 Juli 2019 - 12:50 WIB
Membedah Konsep Takumi di Balik Kemewahan Desain Mewah Lexus

Takumi adalah filosofi artisan yang menerapkan human touch untuk setiap aspek desain dan pengembangan Lexus. (Foto: iNews.id/Lexus)

TANGERANG, iNews.id - Sebagai kendaraan premium, Lexus sangat mengunggulkan kualitas, baik dari segi produk, layanan dan brand maupun experience. Setiap aspek dibuat dengan ketelitian, sehingga menghasilkan produk sempurna dan pengalaman luar biasa.

Produk Lexus merupakan mahakarya dari setiap Lexus Takumi. Konsep ini sangat penting bagi Lexus. Takumi adalah filosofi artisan yang menerapkan human touch untuk setiap aspek desain dan pengembangan Lexus.

Takumi Craftsmen memiliki perhatian sangat teliti pada detail. Mereka memiliki keyakinan dan semangat untuk mencapai titik keunggulan yang tak tertandingi dan mereka tidak berhenti untuk mencapainya. Masing-masing Takumi memiliki setidaknya 60,000 jam pengalaman di bidangnya yang difokuskan pada elemen tertentu dari proses pembuatan mobil. Di antara 7.700 pekerja di Pabrik Lexus Miyata di Kyushu, hanya ada 19 Takumi.

Takumi sangat berpengalaman dalam teknologi mutakhir, dan memiliki peran utama dalam menciptakannya. Namun, banyak dari keterampilan mereka yang paling terkenal sangat mendahului era digital.

Rasa sentuhan Takumi yang sensitif itu legendaris. Tangan mereka adalah alat mereka yang paling berharga. Mengenakan sarung tangan putih, mereka menggunakan sensitivitas tinggi mereka untuk merasakan ketidaksempurnaan dan kesalahan kecil, dengan demikian, sang Takumi menjamin kualitas paling tinggi.

Dalam menciptakan setiap mobil Lexus, Takumi berpegang pada prinsip “L-Finesse” filosofi pengembangan desain Lexus. Salah satu cara unik seleksi Lexus Takumi adalah dengan tantangan 90 detik melipat sangat rapi kertas origami berbentuk kucing dengan tangan yang tidak dominan.

Contoh craftsmanship Takumi terlihat langsung di semua jajaran produk Lexus. Grille Lexus LS yang terinspirasi dari pohon palem Indonesia membutuhkan enam bulan untuk dikalibrasi menggunakan komputer, stitching yang terdapat di Lexus ES pun dijahit dengan tangan dimana jarak di antara jahitan seragam. Lexus NX menggunakan exposed Lexus bolts di bagian konsol tengah yang terinspirasi Lexus LFA, dan dashboard Lexus UX memiliki tekstur bernama Washi yang dibuat secara unik untuk meniru butiran lembut kertas Jepang.

Lexus tidak hanya membuat mobil-mobil premium terlihat amazing. Filisofi Takumi, Lexus juga merealisasikan produksi kapal pesiar mewah, Lexus LY 650. Bersama mitranya, Marquis-Larson Boat Group, Lexus akan memproduksi yacht perdananya dengan mengusung Lexus Sport Yacht Concept. Kapal pesiar ini akan memiliki panjang keseluruhan 65 kaki.

“Takumi Craftsmanship Lexus terus memperkuat tujuan kami untuk menjadi an aspirational brand for the luxury automotive and lifestyle industry.” ujar General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja, dalam siaran persnya di GIIAS 2019, Sabtu (20/7/2019).

Mengunjungi Booth Lexus di GIIAS 2019, pengunjung akan memperoleh gambaran craftsmanship Lexus baik melalui produk-produknya, Lexus Brand Gallery, juga kreasi Lexus Kabuki Lounge. Kemegahan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni bercita rasa tinggi juga mewarnai Lexus Brand Gallery, memiliki value selaras dengan Lexus craftsmanship.

“Lexus Indonesia mengapresiasi budaya dan craftsmanship untuk menciptakan sebuah masterpiece, layaknya produk-produk Lexus. Indonesia yang kaya akan budaya memberikan karakter tersendiri bagi image maupun pelayanan Lexus di Indonesia.” kata Adrian.


Editor : Dani Dahwilani