Mengenal Kode Nama Alphanumeric pada Mobil Lamborghini

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 10 Februari 2019 - 21:17 WIB
Mengenal Kode Nama Alphanumeric pada Mobil Lamborghini

Bagi 99 persen masyarakat di dunia, mereka hanya mengenal nama Lamborghini Huracan daripada Alphanumeric LP610-4. (Foto: Carscoops)

MILAN, iNews.id - Huracan LP610-4 adalah nama resmi dari mobil sport Lamborghini terlaris. Namun sebagian besar dari Anda tidak pernah mengenal atau mendengar kode nama LP610-4 disebutkan.

Bagi 99 persen masyarakat di dunia, mereka tentu hanya mengenal nama Lamborghini Huracan. Sesungguhnya beberapa mobil memiliki kode nama Alphanumeric (kode huruf dan nomor) yang menunjukkan spesifikasi mobil tersebut.

Dilansir dari Carscoops, Minggu (10/2/2019), selama bertahun-tahun, produsen mobil Italia tersebut telah menggunakan penunjuk semacam ini untuk supercar-nya. LP adalah kependekan dari Longitudinale Posteriore, yaitu Longitudinal Rear, dan jelas mengacu pada mesin. Sementara angka tiga digit, misalnya 610, mengungkapkan keluaran. Adapun garis putus-putus atau strip (-), dalam kasus Huracan '...-4', jumlah roda yang digerakkan.

Bagaimana dengan Huaracan Evo yang baru haruskah menggunakan kode LP640-4? Lamborghini telah mengetahui fakta tidak semua orang tahu dengan sistem  Alphanumeric. Mereka memutuskan hanya akan menamai 'baby' supercar-nya dengan sebutan Huracan Evo.

Berbicara dengan Motor Trend, Kepala Teknis Lamborghini Maurizio Reggiani mengatakan, memberi nama Huracan 'Evo' facelifted lebih mudah bagi konsumen untuk memahami dan lebih baik dari perspektif branding. Nama ini juga membantu pada pelafalan lidah yang lebih baik daripada 'Huracan LP640-4' atau yang serupa.

Banyak produsen mobil secara agresif mengejar nama-nama Alphanumeric belakangan ini karena membantu ketika diterjemahkan ke dalam bahasa lain. Namun, tidak semua orang menyukainya.


Editor : Dani Dahwilani