Menguji Keiritan dan Ketangguhan Suzuki All New Ertiga di Pulau Dewata

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 29 Juni 2018 - 21:27 WIB
Menguji Keiritan dan Ketangguhan Suzuki All New Ertiga di Pulau Dewata

Suzuki All New Ertiga. (Foto: Dok/iNews.id)

DENPASAR, iNews.id - Suzuki telah meluncurkan model low MPV (multi purpose vehicle) andalannya, All New Suzuki Ertiga pada pameran otomotif IIMS 2018. Bagaimana performa mobil ini?

Jurnalis iNews.id berkesempatan menguji ketangguhan All New Ertiga dalam media test drive di Pulau Bali, pada 27-28 Juni 2018. Untuk urusan bahan bakar minyak (BBM) lini terbaru dari Suzuki ini terbilang sangat memuaskan dibandingkan kompetitor lain.

Selama diajak berkeliling sejauh 100 Km, efisiensi bahan bakar mobil ini berhasil menembus 27,72 km per liter untuk tipe tranmisi manual dan 25,98 km per liter transmisi otomatis.

Efisiensi BBM tersebut berkat mesin baru All New Ertiga berkode K15B berkapasitas total 1.462 cc yang mampu mengibaskan tenaga hingga 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 138 Nm pada 4.400 rpm.

Ertiga
Tidak hanya uji BBM, kami merasakan kenyamanan suspensi dan pengendalian, serta fitur lain saat melibas jalanan Pulau Dewata yang berliku.  

Fitur anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake-force distribution (EBD) menjadi nilai lebih yang dibuktikan saat peserta mencoba pengereman dan manuver zigzag.

Selain itu, kekedapan suara di ruang kabin patut diacungi jempol. Klaim pabrikan bahwa kekedapan kabin mobil ini hingga tiga desibel memang terbukti. Meski melewati jalanan berlubang getaran di ruang kabin minim, dan suara yang masuk relatif senyap.

Ertiga
Kenyamanan didapat berkat penggunaan platform baru, yakni Heartech yang digunakan All New Ertiga. Suzuki mengklaim melalui platform ini produknya jauh lebih ringan dan rigid berkat penggunaan baja dan sedikitnya sambungan pada rangka.

Melibas jalur tikungan, pengemudi juga tak perlu banyak melakukan gerakan, karena radius putar Ertiga makin kecil berkat penggunaan sistem VGR Rack and Steering.

Ertiga
Duduk di kursi baris kedua dan ketiga terasa lega. Di mana kursi baris kedua dapat diatur maju-mudur. Hal ini membuat ruang kaki di kursi baris ketiga bertambah lebar, sehingga fungsionalitas kabin dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mengoptimalkan ruang bagasi, kursi baris ketiga dapat direbahkan.

So, secara keseluruhan All New Ertiga relatif mewakili keinginan masyarakat Indonesia terhadap mobil keluarga, yang aman, nyaman, tangguh dan efisien. 


Editor : Dani Dahwilani