Menjajal Kebuasan MINI John Cooper Works Countryman

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 14 November 2018 - 19:09 WIB
Menjajal Kebuasan MINI John Cooper Works Countryman

Jurnalis iNews.id mendapatkan kesempatan merasakan MINI John Cooper Works Countryman dalam test drive di BSD City, Tangerang, Banten. (Foto: iNews.id)

SERPONG, iNews.id - Berkendara dengan MINI selalu melahirkan kejutan-kejutan tersendiri. Kali ini, MINI mengundang jurnalis otomotif untuk menguji dan merasakan langsung enam model kendaraan andalannya di kawasan BSD City, Tangerang.

Keenam model tersebut adalah MINI Cooper 3-Door, MINI Cooper 3-Door S, MINI Cooper S Cabrio, MINI Cooper Countryman S dan MINI John Cooper Works (JCW) Countryman.

Jurnalis iNews.id mendapatkan kesempatan merasakan MINI John Cooper Works Countryman. Sejak padangan pertama mobil ikonik ini sungguh menggoda dan membuat penasaran untuk ditunggangi.

Benar saja, duduk di dalam kabin mobil ini memberikan sensasi berkendara berkelas. Posisi kursi yang nyaman dengan dibalut kulit halus, interior bergaya klasik modern dan fitur-fitur hiburannya memiliki citra rasa tinggi.

"Kami memberikan kesempatan eksklusif kepada teman-teman media untuk melakukan sesi test drive untuk merasakan performa terbaik mobil yang menganut genre sport activity vehicle (SAV) tersebut," ujar Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, di BSD City, Tangerang, baru-baru ini.

MINI JCW Countryman
Jodie mengatakan MINI John Cooper Works Countryman merupakan mobil dengan ragam fitur dan teknologi hingga performa terbaik.

Kebetulan, cuaca saat itu sedang hujan sehingga kami bisa membuktikan performanya sebagai mobil bergenre SAV.

Dalam perjalanan dengan jarak kurang lebih 20 km, kami merasakan nuansa eksklusif dan senyap di dalam kabin. Saking senyapnya, kami hanya mendengar suara kebisingan secara samar-samar.

Di sektor mesin, penyesuaian yang dilakukan MINI cukup sempurna. Dari tenaga standar yang dihasilkan versi MINI Cooper S yang hanya 192 hp, naik hingga 40 hp menjadi 231 dk. Performa ini didapat dari mesin 1.998 cc, dengan dukungan komponen twin power-turbo sistem turbocharged.

Karena wajib memenuhi permintaan performa tinggi, tak heran jika material yang digunakan di mobil ini juga merupakan material tahan panas.Sebab itu, torsi yang dihasilkan juga sangat besar, yaitu 350 Nm di putaran mesin 1.450 hingga 4.500 rpm.

MINI JCW
Saat kami menjajalnya langsung di jalanan yang sedikit lengang, mobil ini sangat bertenaga dan enak dibawa bermanuver. Mulai dari putaran bawah sampai putaran atas, kecepatan rendah dan tinggi, bantingan kemudi hingga body roll (efek gravitasi saat menikung) terminimalisir berkat teknologi all wheel drive-nya.

Bagian yang paling menarik adalah cara kerja penggerak empat roda. Saat mencoba berakselerasi di jalan licin, untuk bagian depan dan aspal di bagian belakang, kinerja sistem sensor traksi bekerja sangat cepat mentransfer tenaga ke roda yang mendapatkan traksi lebih baik.

Kami juga mencoba fitur dynamic stability control (DSC) aktif dan nonaktif. Bedanya saat DSC aktif, tenaga yang tersalur ke roda akan diatur agar tetap mendapatkan traksi. Sementara jika tak aktif, roda cenderung akan selip di jalan yang licin saat berakselerasi.

So, secara keseluruhan performa yang ditawarkan mobil ini luar biasa. Tak heran, jika BMW Group Indonesia membanderolnya dengan harga di atas Rp1 miliar. Dari segi kepuasan, sensasi, performa hingga gaya, semuanya tersaji di mobil yang merupakan rival langsung Audi RS Q3 Performance ini.

Editor : Dani Dahwilani