Mercedes-AMG Siapkan Mesin Turbo Terbaru Paling Bertenaga

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 15:01 WIB
Mercedes-AMG Siapkan Mesin Turbo Terbaru Paling Bertenaga

Mercedes-AMG akan membenamkan mesin turbo 2.0-liter empat silinder terbaru untuk beberapa model kendaraan dalam waktu dekat. (Foto: Carscoops)

STUTTGART, iNews.id - Mercedes-AMG akan membenamkan mesin turbo 2.0-liter empat silinder terbaru untuk beberapa model kendaraan dalam waktu dekat. Dapur pacu tersebut diklaim lebih kuat dari model sebelumnya.

Dilansir dari Carscoops, Kamis (13/6/2019), mesin dengan kode nama M139 ini memiliki tenaga maksimal 415 hp (horse power/tenaga kuda) dan torsi 369 lb-ft (500 Nm). Tenaga per liter berada di angka 208 hp menjadikannya sebagai mesin mobil jalan empat silinder produksi massal paling kuat yang pernah ada.

Dibandingkan M133 yang mendukung AMG 45 generasi sebelumnya, M139 berputar 180 derajat, dengan turbocharger dan exhaust berlipat menghadap ke belakang. Turbo ini juga dilengkapi bantalan rol dan engine menggabungkan manifold knalpot yang ditingkatkan yang membantu mencegah masing-masing silinder saling memengaruhi secara negatif selama siklus pemuatan.

Saat dijalankan mesin ini menggunakan oli alias pelumas 0W20, dengan waktu servis setiap 20.000 mil atau sekali setahun, tergantung mana yang lebih dulu.

Memproduksi mesin empat silinder turbocharged dengan tenaga yang begitu besar adalah prestasi yang mengesankan. Berbagai peningkatan meliputi sistem pendingin oli hingga piston aluminium yang ditempa ultra-kuat.

"Ada lebih banyak yang akan datang. Selalu ada ruang untuk perbaikan. Tapi, 421 PS (415( hp) benar-benar angka yang cukup tinggi, terutama ketika di jalanan legal. Itulah tantangannya. Kami akan melihat apa yang bakal terjadi di masa depan," ujar Kepala Pengembangan Mesin Mercedes-AMG, Ralph Illenberger.

Jika AMG meningkatkan tenaga kuda dan torsi dari mesin ini, ke depan mereka bisa melahirkan beberapa mobil dengan performa sangat menarik.


Editor : Dani Dahwilani