Mesin Mobil Mati Mendadak Setelah Mudik, Jangan Panik Cek Bagian Ini

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 08 Juni 2019 - 07:19 WIB
Mesin Mobil Mati Mendadak Setelah Mudik, Jangan Panik Cek Bagian Ini

Setiap pemudik harus memahami beberapa penyebab mesin mobil mati mendadak sehingga dapat mencegah atau menanganinya. (Foto: Automart Blog)

JAKARTA, iNews.id - Masalah besar yang kerap dijumpai pemudik saat kembali dari kampung halaman adalah mesin mobil mendadak mati. Banyak yang mengira karena kehabisan BBM, namun itu keliru.

"Kondisi ini membuat pengemudi panik. Terlebih yang kurang paham dengan mesin kendaraan," ujar Instruktur keselamatan berkendara SDCI, Sony Susmana, saat dihubungi iNews.id, beberapa waktu lalu.

Sony mengatakan, setiap pemudik harus memahami beberapa penyebab mesin mobil mati mendadak sehingga dapat mencegah atau menanganinya. Berikut penjelasannya:

1. Konverter Katalik

Bagian mobil ini berfungsi sebagai pengendali emisi buang, agar racun yang dikeluarkan tidak terlalu berbahaya dengan cara mereduksinya.

"Alat ini bisa rusak dan menyebabkan mesin mobil mati mendadak jika bahan bakar terlalu banyak residu. Akibatnya adaptor akan bermasalah dan knalpot akan terbebani secara berlebihan sehingga pembuangan tidak optimal," kata Sony.

2. Gearbox

Gearbox mobil atau transmisi juga dapat menyebabkan mesin mobil mati mendadak. Sebagai pengatur gerak kendaraan, gearbox menjadi salah satu bagian terpenting dari kendaraan.

"Jangan sampai gearbox kekurangan atau kehabisan oli. Banyaknya oli tergantung jenis dan model kendaraan. Informasi ini dapat dicek pada buku manual kendaraan," katanya.

3. Overheat

Kasus mesin mati mendadak yang paling umum terjadi adalah overheat. Hal ini biasa terjadi karena pemilik kendaraan jarang mengecek air radiator.

"Tidak adanya pendingin yang cukup untuk menjaga suhu mesin, akibatnya bisa fatal. Salah satunya piston kendaraan dapat meleleh dan menyebabkan fungsinya menurun atau rusak sehingga kendaraan mogok," kata Sony.


Editor : Dani Dahwilani