Minimalisir Risiko Pencurian, Toyota Patenkan Teknologi Keamanan

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 15 Maret 2019 - 13:39 WIB
Minimalisir Risiko Pencurian, Toyota Patenkan Teknologi Keamanan

Saat mendeteksi ada usaha menyalakan kendaraan secara ilegal, gas air mata akan otomatis disemprotkan ke kabin. (Foto: Carscoops)

TOKYO, iNews.id - Raksasa mobil Jepang, Toyota baru-baru ini mematenkan teknologi canggih untuk membuat konsumen nyaman dan aman. Inovasi ini bernama Fragrance Dispenser System.

Dilansir dari Carscoops, Jumat (15/3/2019), teknologi tersebut berfungsi membuat kabin wangi sesuai keinginan konsumen dan bisa menyemprotkan gas air mata di kala mobil terancam tindak kejahatan, seperti pencurian.

Sistem ini akan bekerja saat mendeteksi ponsel pengemudi atau penumpang, lalu menyemprotkan parfum mobil sesuai dengan wangi yang sudah dipilih. Kala penumpang atau pengendara meninggalkan mobil, sistem ini akan membuat kabin netral kembali.

Tapi, saat mendeteksi adanya usaha menyalakan kendaraan yang ilegal, gas air mata akan otomatis disemprotkan ke kabin. Namun, sistem ini masih menimbulkan banyak pertanyaan.

Bagaimana jika sistem itu salah deteksi? Atau tak sengaja menyemprot?

Toyota mengatakan, pemikiran itu terlalu jauh. Meski sudah dipatenkan, belum tentu akan diterapkan kepada mobil-mobil Toyota di masa depan. Karena harus diuji coba dan diteliti kembali untuk meminimalisir kesalahan.


Editor : Dani Dahwilani