Mobil MPV Dibangun Sesuai Karakter Jalan di Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 13 Desember 2018 - 07:02 WIB
Mobil MPV Dibangun Sesuai Karakter Jalan di Indonesia

Kondisi jalan di Indonesia yang menantang dibutuhkan kendaraan yang siap melintasi segala medan. (Foto: iNews.id)

DEPOK, iNews.id - Indonesia dikenal dengan kondisi jalannya yang menantang. Terlebih jika masuk ke wilayah pegunungan yang memiliki jalur tanjakan, turunan dan kelokan tajam.

Belum lagi kontur jalan beragam, mulai dari jalanan mulus, tidak rata, berbatu, berpasir dan berlumpur, sehingga dibutuhkan kendaraan yang siap melintasi segala medan. Lalu, model kendaraan multi purpose vehicle (MVP) apa yang dibangun sesuai dengan karakter jalan di Tanah Air?

Salah satunya adalah Toyota Avanza. Sejak debut pada 2003, Avanza telah menjadi mobil pilihan keluarga Indonesia. Tak heran, kendaraan ini mendapat julukan sebagai mobil 'Sejuta umat'.

Keandalan Avanza dirasakan langsung Ardhi Kusuma (57), warga kampung Curug, Depok, Jawa Barat, Dia mengaku memiliki Avanza sudah 15 tahun, atau sejak mobil ini pertama kali diluncurkan. Alasannya, mobil tersebut sangat cocok dan nyaman dikendarai meski melewati jalan menanjak.

"Saya membeli Avanza pada 2003, atau pertama kali mobil ini muncul. Saat melihat di iklan, sepertinya mobil ini nyaman dikendarai. Kemudian saya beli untuk menjawab rasa penasaran. Hasilnya, sangat memuaskan," ujar Ardhi, saat berbincang dengan iNews.id, baru-baru ini.

Sebagai kendaraan MPV, Avanza dikenal sangat tangguh dengan sistem gerak roda belakang membuat gejala roda berputar (slip) bisa diminimalisir, khususnya saat di tanjakan dan mobil sedang membawa banyak penumpang. Hal ini menjadikan perjalanan bersama Avanza aman dan nyaman di segala medan.

Penggunaan sistem gerak roda belakang juga memiliki kelebihan lain, dari sisi daya tahan komponen kaki-kaki maupun suspensi Avanza sangat tangguh. Sistem gerak roda belakang membuat perangkat kaki-kaki maupun suspensi memiliki usia pakai lebih lama. Tak heran, Avanza dikenal sangat bandel.

Selain nyaman dikendarai, Toyota Avanza juga punya kapasitas kabin luas. Apalagi jika kursi baris kedua dan ketiga dilipat, sehingga menambah kelegaan sektor interior.

"Saya pikir, hanya bangku baris kedua yang bisa dilipat, bangku baris ketiga juga bisa dilipat. Ini membantu saya jika membawa barang dalam jumlah besar," katanya.

Secara dimensi, sebagai mobil tujuh penumpang, Avanza memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, sehingga sangat lega. Imej Toyota yang kerap mencetak mobil tahan banting dan biaya perawatan murah menjadi jaminan Avanza di pasar Tanah Air.

Tak heran, sejak pertama kali diluncurkan pada 2003, Toyota Avanza menjadi pilihan utama mobil keluarga Indonesia, dan melekat di hati konsumen.


Editor : Dani Dahwilani