Nissan Bakal Jual 2 Pabrik di Eropa, Calon Pembelinya Produsen China

Riyandy Aristyo ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 18:11 WIB
Nissan Bakal Jual 2 Pabrik di Eropa, Calon Pembelinya Produsen China

Nissan siap menjual pabrik di Inggris dan Spanyol, calon pembelinya produsen mobil asal China. (Foto Carscoops)

TOKYO, iNews.id - Setelah menyuntik mati beberapa model Datsun di pabrik India, giliran dua pabrik Nissan di Eropa yang kabarnya akan dijual. Ini dilakukan untuk pemulihan dan peralihan Nissan ke kendaraan listrik.

Dikutip dari Carscoops, Senin (28/10/2019), pabrikan mobil asal Jepang ini sudah meriset calon pembeli pabrik Nissan di Inggris dan Spanyol. Salah satu calon pembelinya adalah produsen mobil China.

Diketahui, selama semester pertama 2019, penjualan model Nissan sama sekali tidak memberikan keuntungan alias nol. Masalah tersebut diperparah dengan rencana pengurangan karyawan hingga 12.500 di seluruh dunia.

Tak hanya itu, Nissan juga bakal mengurangi karyawan di Eropa sebanyak 600 orang di pabrik Barcelona, Spanyol. Pabrik tersebut kini memiliki kapasitas produksi 200.000 unit kendaraan per tahun.

Sekadar informasi, Nissan dikabarkan siap melepas merek Datsun untuk menjalankan salah satu strategi yang sudah direncanakan. Di satu sisi, pelepasan Datsun sebagai upaya mereka meningkatkan laba Nissan.


Editor : Dani Dahwilani