Nissan Kembali Tersandung Kasus Skandal Inspeksi

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 11:14 WIB
Nissan Kembali Tersandung Kasus Skandal Inspeksi

Setelah kasus Carlos Ghosn, Nissan dikabarkan terkena masalah inspeksi atau pemeriksaan akhir pengujian kendaraan baru. (Foto: IOL)

TOKYO, iNews.id - Produsen mobil Jepang, Nissan kembali tersandung masalah. Setelah kasus Carlos Ghosn, Nissan dikabarkan terkena masalah inspeksi atau pemeriksaan akhir pengujian kendaraan baru.

Dilansir dari Independent Online (IOL), Jumat (7/12/2018), kabar tak sedap ini muncul, setelah pejabat Kementerian Transportasi Jepang menggelar inspeksi ke pabrik perakitan utama Nissan.

Beberapa karyawan mengaku melakukan tes tidak tepat pada rem dan sistem lain sebelum pengiriman kendaraan. Tidak disebutkan berapa banyak mobil yang terdampak.

Atas kasus ini, Nissan berencana membuat pengumuman pada Desember 2018, dan mempertimbangkan penarikan kembali (recall) kendaraan yang terkena inspeksi.

Sekadar informasi, Nissan pernah menarik lebih dari satu juta unit kendaraan pada tahun lalu karena masalah inspeksi akhir, pada model-model yang dijual untuk pasar domestik, sebelum dikirimkan ke dealer.

Jika masalah ini terkonfirmasi, Nissan diguncang dua masalah sekaligus setelah mantan bosnya Carlos Ghosn ditangkap pada 19 November atas tuduhan manipulasi pendapatan selama lima tahun terakhir.


Editor : Dani Dahwilani