Pakai Mesin F1, Kecepatan Tim CMR Tembus 512 Km per Jam di Bonneville

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 16 Oktober 2018 - 09:31 WIB
Pakai Mesin F1, Kecepatan Tim CMR Tembus 512 Km per Jam di Bonneville

Gunakan mesin F1, Tim CMS disertifikasi membukukan rekor kecepatan 318 mph atau 512 km/jam di Bonneville Slat Flats, Amerika Serikat (AS). (Foto: Carscoops)

TOOELE, iNews.id - Mobil Formula 1 (F1) terlihat jelas dibuat untuk kecepatan. Tapi, bukan untuk kecepatan langsung. Di mana mobil balap tersebut dibangun untuk berlari di sirkuit dan memutar trek secepat mungkin.

Pertanyaannya, seberapa cepat bila mobil F1 dilepas di trek lurus? Nah, sekarang tidak perlu bertanya lagi, Tim Cook Motor Racing (CMR) dari Selandia Baru membangun streamliner bermesin V10 spesifikasi F1 yang dibangun Judd.

Dilansir dari Carcoops, Selasa (16/10/2018), kecepatan jet darat bermesin F1 ini dijajal di dataran garam Bonneville Slat Flats, Tooele, Utah, Amerika Serikat (AS). Secara resmi mobil Tim CMS disertifikasi membukukan kecepatan 318 mil per jam atau 512 km/jam.

Angka ini jauh lebih cepat daripada pembalap grand prix (GP F1) yang dikelola saat ini - bahkan di sirkuit kecepatan tinggi Monza (trek tercepat di kalender). Di mana mereka berhasil menempuh 224 mph (360 km/jam).

Bahkan di era V10 kembali pada pertengahan 2000-an (ketika mesin Judd ini dibuat), kecepatan tertinggi yang pernah dicapai (di Monza) adalah 231 mph (372 km/jam).

Dalam konteks tersebut, pencapaian tim CMR di Bonneville cukup mengesankan. Terlebih kondisi cuaca mencegah tim membuat tambahan yang mungkin menghasilkan kecepatan lebih tinggi, dan berpotensi menjadi rekor dunia baru.


Editor : Dani Dahwilani