Pasar SUV Hyundai di AS Laris, Indonesia Kurang Bergairah

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 06 November 2018 - 23:30 WIB
Pasar SUV Hyundai di AS Laris, Indonesia Kurang Bergairah

Hyundai memasarkan tiga produknya di Amerika Serikat (AS), yaitu Kona, Tucson dan Santa Fe dengan menyumbang penjualan 45 persen. (Foto: Carscoops)

SEOUL, iNews.id - Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi perhatian pabrikan Korea Selatan (Korsel), Hyundai. Tak heran, perusahaan menyiapkan banyak SUV seiring tumbuhnya segmen tersebut.

"Strategi kami adalah merilis banyak SUV. Kami akan punya line-up penuh. Kami mencoba untuk semakin sesuai dengan kondisi pasar. Ketika segmen SUV mengalami pertumbuhan, kami juga akan bertumbuh," ujar CEO Hyundai, Won Hee Lee, seperti dikutip dari Carscoops, Selasa (6/11/2018).

Saat ini, Hyundai memasarkan tiga produknya di Amerika Serikat (AS), yaitu Kona, Tucson dan Santa Fe. Ketiga mobil tersebut menyumbangkan penjualan 45 persen.

Sebanyak 41 persen disumbangkan segmen MPV, sedan dan city car. Sisanya, dari penjualan kendaraan komersial.

Di sisi lain, SUV Hyundai di Indonesia, bisa dibilang tidak terlalu bersinar. Pasalnya, market Indonesia masih didominasi segmen Multi Purpose Vehicle (MPV).

Lihat saja penjualan MPV di Tanah Air berdasarkan data Gaikindo hingga September 2018, masih di dominasi tiga MPV pabrikan Jepang, yakni Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga.

Hyundai Indonesia saat ini memasarkan SUV Santa Fe mulai dari harga Rp504 juta hingga Rp574 juta. Selain itu, ada juga Tucson yang dijual dari Rp391 juta sampai Rp467 juta on the road (OTR) Jakarta.


Editor : Dani Dahwilani