Patahkan Keraguan, Mobil Listrik Nissan Leaf Libas Banjir

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 07 Januari 2020 - 07:15 WIB
Patahkan Keraguan, Mobil Listrik Nissan Leaf Libas Banjir

Nissan Leaf mematahkan keraguan mobil listrik tak sanggup melibas genangan air atau banjir karena teknologi listriknya berbahaya. (Foto: Insideevs)

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang meragukan mobil listrik tak sanggup melibas genangan air atau banjir karena teknologi listriknya berbahaya. Hal tersebut ternyata dipatahkan mobil listrik Nissan Leaf.

Dilansir dari Insideevs, Selasa (7/1/2020), mobil listrik tersebut diuji coba melewati genangan air setinggi 70 cm. Padahal baterai Nissan LEAF berada di antara roda depan dan belakang dengan ketinggian 30 cm dari jalan dan motor listriknya masih di atas 70 cm.

Kemampuan melibas banjir ini berkat teknologi kedap air yang tersemat pada Nissan Leaf. Namun, menerobos banjir tetap tak bisa dilakukan dengan kecepatan tinggi, sekitar 5-10 km/jam agar tekanan air tak lebih kuat dari lapisan waterproof.

Apakah cocok di Indonesia? PT Nissan Motor Indonesia (NMI) telah manyatakan akan memboyong Nissan Leaf terbaru. Mobil listrik tersebut bakal dipasarkan di Tanah Air pada 2020.

General Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Masayuki Ohsugi mengklaim penjualan Nissan Leaf secara global sangat menjanjikan. Hingga saat ini, tercatat sudah terjual 400.000 unit di seluruh dunia.

"Sudah terjual 400.000 unit secara global dan sampai saat ini tidak ada masalah atau insiden terkait baterai. Itu fondasi kami," ujar Ohsugi di Balai Kartini, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Nissan Leaf terbaru diklaim memiliki kapasitas baterai lebih besar dari generasi sebelumnya. Jika Leaf generasi pertama hanya 24 kWH, maka Leaf generasi terbaru memiliki kapasitas baterai 40 kWh.


Editor : Dani Dahwilani