Peluncuran Suzuki Jimny Tinggal Menunggu Waktu, India Siap Produksi

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 15:15 WIB
Peluncuran Suzuki Jimny Tinggal Menunggu Waktu, India Siap Produksi

Selain di Jepang, Suzuki dikabarkan kemungkinan akan memproduksi Jimny di India pada 2020 untuk ekspor pasar global. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kehadiran mobil sport utility vehicle (SUV) Suzuki Jimny di pasar Indonesia tinggal menunggu waktu. Meski belum memberikan bocoran tanggal peluncuran, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah memastikan kehadiran mobil tersebut tahun ini.

Bahkan, sejumlah dealer telah membuka booking mobil legendaris tersebut di rentang harga Rp315,5 juta sampai Rp330 juta on the road (OTR) Jakarta. "Untuk waktu peluncuran nanti akan kami beri tahukan. Bisa di GIIAS 2019 atau peluncuran khusus tersendiri," ujar Sales Director 4W SIS, Makmur, beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Indianatusblog, Rabu (12/6/2019), rumor beredar Suzuki kemungkinan akan memproduksi Jimny di India pada 2020 untuk ekspor ke pasar global, termasuk Timur Tengah, Afrika, dan mungkin Indonesia.

Adapun saat ini, lini produksi Suzuki Jimny masih berada di Kosai, Jepang. Suzuki dapat menggunakan pabrik barunya di India, yang berlokasi di dekat Ahmedabad, Gujarat.

Jika melihat dari harga yang ditawarkan cukup masuk akal. Apalagi Suzuki Jepang tengah berusaha memenuhi pemesanan pelanggan di sejumlah negara yang telah lebih dulu meluncurkan Jimny. Mereka harus memenuhi pesanan pelanggan hinggga 6 bulan mendatang.

"Kemungkinan kuota akan dibatasi. Di pasar luar negeri saja konsumen sudah antre. Kemungkinan konsumen harus menunggu inden," kata Makmur.

Baca juga:

Eksklusif, Beredar Foto Suzuki Jimny Terparkir di Lapangan

Harga Suzuki Jimny Beredar di Medsos, Dibanderol Mulai Rp315 Jutaan

Diketahui, Suzuki Jimny generasi keempat memiliki desain evolusioner. Muncul dengan lampu depan dan kabut bulat, pilar tegak, lengkungan roda tajam sehingga memberikan tampilan berotot.

Suzuki Jimny terbaru ditenagai mesin bensin K15B 1,5 liter empat silinder yang menghasilkan daya maksimum 75 kW (102 PS) pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan gearbox otomatis 4-percepatan.

Mesin 1.5-liter K15B Suzuki Jimny generasi keempat 15 persen lebih ringan dari mesin M13A 1,3 liter yang digantikannya.

Di bagian interior, Suzuki Jimny menampilkan unit infotainment SmartPlay bersumber Bosch yang diposisikan di tengah mendukung Apple CarPlay, Android Auto, dan Sat-nav. Dalam fitur keselamatan, mobil ini dilengkapi airbag depan ganda SRS, ABS dengan EBD dan sistem bantuan rem (BAS) dan tempat dudukan kursi anak ISOFIX.


Editor : Dani Dahwilani