Penjualan Mobil Hybrid Toyota Tembus 2.284 Unit, Camry Mendominasi

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 15:31 WIB
Penjualan Mobil Hybrid Toyota Tembus 2.284 Unit, Camry  Mendominasi

Penjualan mobil hybrid Toyota di Indonesia sejak 2007 hingga Agustus 2019 mencapai 2.284 unit. (Foto: iNews.id)

TABANAN, iNews.id - Penjualan mobil hybrid Toyota di Indonesia sejak 2007 hingga Agustus 2019 mencapai 2.284 unit. Toyota Camry Hybrid tercatat paling banyak terjual selama kurun waktu tersebut, yaitu 1.469 unit atau berkontribusi sekitar 64,3 persen.

Di urutan kedua, penjualan terbanyak hybrid Toyota dicetak C-HR sebanyak 245 unit. Crossover hybrid ini berkontribusi sekitar 10,7 persen dari total penjualan.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengamukakan, minat masyarakat terhadap mobil listrik berbasis teknologi hybrid semakin meningkat. Ini terlihat dari tren penjualan mobil hybrid yang ditawarkan Toyota yang mengalami peningkatan signifikan pada tahun ini, seiring bertambahnya jumlah varian produk hybrid yang ditawarkan. Tahun ini, PT Toyota-Astra Motor telah mendatangkan 3 varian hybrid, yaitu Camry Hybrid, C-HR Hybrid dan Corolla Altis Hybrid.

“Minat masyarakat terhadap mobil elektrifikasi semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan sosialisasi kebijakan pengembangan industri mobil elektrifikasi yang dilakukan pemerintah, peningkatan minat masyarakat itu tentu juga tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran terhadap lingkungan hidup. Dan, yang tidak kalah penting, pengetahuan konsumen terhadap mobil elektrifikasi juga semakin luas,” ujarnya, dalam keterangan pers di Tabanan, Bali, Kamis (10/10/2019).

Sejauh ini, kehadiran varian C-HR Hybrid berhasil mendongkrak penjualan mobil hybrid Toyota brand menjadi rata-rata 88 unit per bulan sepanjang April-Agustus 2019. Peningkatan ini membuat total penjualan mobil hybrid Toyota brand di Indonesia menjadi lebih dari 2.200 unit.

“Sama seperti C-HR Hybrid, kehadiran varian Carolla Altis Hybrid pada September lalu kami harapkan juga bisa lebih mendongkrak penjualan mobil hybrid di bulan-bulan mendatang. Kami optimis prospek pasar mobil hybrid akan terus meningkat,” kata Anton.

Harga C-HR Hbyrid dan Corolla Hybrid cukup bersaing. C-HR hybrid ditawarkan pada harga Rp 523 juta, hanya Rp 30 juta lebih tinggi dibandingkan varian biasa Rp493 juta. Sedangkan Corolla Hybrid dipasarkan Rp 566 juta atau hanya berbeda Rp77 juta dibandingkan varian biasa.

Dia menuturkan Selisih harga tersebut relatif kecil dibandingkan benefit besar yang didapat konsumen. Tidak hanya dari sisi efisiensi pemakaian bahan bakar, varian hybrid juga menawarkan akselerasi yang lebih baik dibandingkan varian berbahan bakar gasoline.


Editor : Dani Dahwilani