Penjualan Mobil Nasional Turun 10 Persen, Mitsubishi Pertahankan Market Share

Dani M Dahwilani ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 11:57 WIB
Penjualan Mobil Nasional Turun 10 Persen, Mitsubishi Pertahankan Market Share

Penjualan mobil nasional hingga September 2019 mengalami penurunan sekitar 10,9 persen, Mitsubishi pertahankan market share. (Foto: Ilustrasi/Mitsubishi)

JAKARTA, iNews.id - Penjualan mobil nasional hingga September 2019 turun sekitar 10 persen. Kondisi ini diakui Mitsubishi. Mereka berharap terjadi peningkatan penjualan pada akhir tahun.

"Sampai sekarang penurunannya sekitar 10 persen. Seiring dengan penurunan pasar, Mitsubishi juga mengalami penjualan sama. Namun, yang penting bagi kami adalah market share," ujar Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro di Jakarta.

Dia menuturkan untuk pangsa pasar per produk, Pajero Sport masih nomor satu di kelasnya dengan market share 45 persen. "Untuk Xpander kami masih challenger, namun market share-nya cukup baik di angka 28 persen," katanya.

"September turun karena memang pasarnya juga turun semua. Total indutry volume turun," ujar Irwan.

Seperti diketahui, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatatkan penjualan mobil ke konsumen (retail sales) hingga September 2019, sebanyak 758.413 unit. Angka ini turun 10,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Demikian pula, penjualan dari pabrik ke dealer (whole sales) terdepresiasi 12 persen, dari 856.633 ribu unit pada kuartal III 2018, menjadi 753.594 unit pada periode yang sama tahun ini.


Editor : Dani Dahwilani