Perangi Corona, Toyota Serahkan 5 Kijang Innova Jadi Ambulans Covid-19

Dani M Dahwilani · Kamis, 14 Mei 2020 - 20:15 WIB
Perangi Corona, Toyota Serahkan 5 Kijang Innova Jadi Ambulans Covid-19

PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) serahkan lima unit Kijang Innova untuk ambulans Covid-19.

JAKARTA, iNews.id – Dalam memerangi wabah virus corona (Covid-19), PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) beserta afiliasinya memberikan bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), berupa lima unit Kijang Innova Ambulans. Mobil ini diharapkan dapat membantu mobilitas tim medis dalam menangani Covid-19.

Kijang Innova Ambulans tersebut merupakan hasil konversi dari salah satu supply chain Toyota. Kemudian berkolaborasi dengan PT Serasi Autoraya (SERA) menyediakan 68 unit mobil untuk menunjang mobilitas tenaga medis Covid-19 di 15 kota besar di Indonesia.

Selain itu, Toyota Indonesia bersama dengan supply chain yang tergabung dalam Toyota Manufacturers Club, Toyota Equipment and Facility Club, dan Toyota Logistic Community juga memberikan 105.000 Alat Pelindung Diri (APD) kepada PMI dan Kemenkes yang terdiri dari Gloves, Protection Clothes, Disposable Medical Mask, Non-Medical Mask, Medical Goggle, Medical Cap, Shoe Cover, N-95 Mask Face Shield serta vitamin.

 "Toyota Indonesia menyampaikan simpati kepada semua pihak yang terkena dampak infeksi virus corona serta apresiasi yang tinggi dan tulus kepada para petugas kesehatan dan pemerintah yang berada di garis terdepan dalam penanggulangan Covid-19. Wabah Covid-19 hanya bisa diatasi dengan semangat kebersamaan dalam menjalankan protokol yang ketat dan didukung sarana dan prasarana yang memadai," ujar President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda dalam keterangan persnya kepada iNews.id, Kamis (14/5/2020).

"Toyota Indonesia akan selalu berdampingan dengan semua pihak untuk menghadapi wabah ini. Kami menyadari, kebutuhan untuk memerangi pandemi ini sangat besar dan Toyota Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan berbagai kontribusi melalui program #ToyotaAdaUntukAnda. Kami berharap, donasi dari Toyota Indonesia ini dapat mendukung sarana dan prasana dalam percepatan penanganan wabah COVID-19,” katanya.

Sementara itu, President Director PT TMIIN, Warih Andang Tjahjono menyatakan, sebagai bagian bangsa Indonesia, Toyota Indonesia terpanggil untuk turut serta dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

"Selain bantuan langsung kepada masyarakat dan tenaga medis, kami juga berbagi pengetahuan dan pengalaman kami di bidang manufaktur, supply chain, manajemen stock (persediaan) hingga penanganan logistik kepada berbagai pihak yang membutuhkan. Kami berharap dukungan ini dapat memberikan nilai tambah serta efisiensi di berbagai sektor terutama bagi pihak-pihak yang berhadapan langsung dengan pandemi Covid-19,” katanya.

Editor : Dani Dahwilani