Perawatan Mobil Hybrid Tak Semahal Dibayangkan, Ini Perbedaannya dengan Kendaraan Biasa

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 07:17 WIB
Perawatan Mobil Hybrid Tak Semahal Dibayangkan, Ini Perbedaannya dengan Kendaraan Biasa

Perawatan mobil hybrid dengan konvensional mulai dari pengecekan engine, sasis hingga electrical tidak ada perbedaan signifikan. (Foto: iNews.id)

BANYUWANGI, iNews.id - Banyak orang takut memiliki mobil hybrid perawatannya ribet dan mahal. Terlebih, teknologi yang diusung baru. Mahalkah perawatan mobil semi listrik ini?

Service Head Auto2000 Banyuwangi, Faozan mengungkapkan, pada dasarnya perawatan kendaraan hybrid dengan konvensional tidak ada perbedaan. Hal yang membedakan adalah ada perawatan pada sistem motor listrik.

"Untuk perawatan standar, mulai dari pengecekan engine, sasis hingga electrical sama. Namun, karena mobil hybrid menggunakan motor listrik ada part yang harus dicek secara berkala," ujarnya dalam rangkaian acara Journalist Test Drive (JTD) Toyota Electrfied Vehicle dengan rute Banyuwangi-Bali, pada 9-11 Oktober 2019.

Komponen apakah itu? Faozan menjelaskan, karena mobil hybrid menggunakan baterai ada sistem pendingin untuk menjaga suhu agar tidak panas. Di bagian ini terdapat saringan udara pendingin yang harus dicek secara berkala.

"Bedanya terdapat saringan udara pendingin baterai. Posisinya ada di jok belakang. Pengecekan dilakukan di setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Harga komponen ini tidak mahal hanya Rp60.000, dan pergantiannya relatif cukup lama per 80.000 km," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pada mobil hybrid terdapat cairan pendingin inverter. "Bagian ini juga kami cek secara berkala. Pergantiannya sangat lama 220.00 km ke atas. Jadi memang perawatan mobil hybrid secara keseluruhan relatif sama, mudah dan tidak semahal yang dibayangkan masyarakat pada umumnya," ujar Faozan.

 

 

 

 


Editor : Dani Dahwilani