Permintaan Home Service Mobil Naik di Tengah Covid-19

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 10:04 WIB
Permintaan Home Service Mobil Naik di Tengah Covid-19

Pemberlakuan PSBB dalam mencegah semakin meluasnya wabah virus corona (Covid-19) membuat masyarakat memilih layanan perbaikan mobil di rumah. (Foto: Dok/PT SIS)

JAKARTA, iNews.id - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam mencegah semakin meluasnya wabah virus corona (Covid-19) membuat masyarakat memilih tetap di rumah. Di samping itu banyak layanan seperti dealer membatasi operasionalnya.

Menanggapi situasi ini banyak pemilik kendaraan yang memilih memperbaiki kendaraan di rumah melalui layanan Home Service. Beberapa merek kendaraan telah menerapkan program ini guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen selama pandemi.

Business Innovation and Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, program Home Service Honda didukung sebanyak 118 dealer di berbagai kota Indonesia untuk melayani konsumen yang membutuhkan perawatan atau perbaikan mobil tanpa meninggalkan rumah.

"Pekerjaan servis yang dilakukan di rumah konsumen meliputi perawatan berkala sampai dengan 100.000 km, serta perbaikan ringan, seperti perbaikan karet wiper dan aki. Untuk perbaikan dan proses perawatan berkala yang membutuhkan peralatan khusus, yaitu 40.000 km, 60.000 km dan 80.000 km, Honda menyediakan layanan Pick Up Service untuk menjemput mobil pelanggan ke bengkel resmi terdekat," ujarnya, dalam video conference bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot).

Sementara itu, 4W, 2W, and Marine Service Director PT SIS Riecky Patrayudha mengatakan, berdasarkan data Halo Suzuki, permintaan Home Service merupakan satu-satunya layanan yang mengalami peningkatan permintaan selama masa PSBB. Home Service naik hingga 40 persen.

"Hal tersebut menunjukkan bahwa banyak dari pelanggan Suzuki yang saat ini memerlukan bantuan untuk merawat kendaraan tapi mobilitasnya terbatas. Hal ini dapat dipahami mengingat keselamatan dan kesehatan merupakan prioritas semua orang saat ini, sehingga diam di rumah adalah pilihan terbaik," kata Riecky.

Dia pun mengimbau kepada pelanggan Suzuki agar mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah. Untuk urusan perawatan kendaraan biar kami yang kerjakan. Pelanggan cukup telepon ke Halo Suzuki untuk melakukan servis kendaraan di rumah, atau bisa juga meminta Booking Service, Emergency Service, dan lainnya. Semua petugas kami akan melakukan pekerjaan sesuai prosedur standar pencegahan Covid-19,” kata Riecky.

Editor : Dani Dahwilani