Perpres Kendaraan Listrik Diteken, Suzuki Koordinasi Kantor Pusat di Jepang

Dani M Dahwilani ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 15:15 WIB
Perpres Kendaraan Listrik Diteken, Suzuki Koordinasi Kantor Pusat di Jepang

Dalam mengimplementasikan kebijakan kendaraan listrik, Suzuki masih berkoordinasi dengan kantor pusat di Jepang. (Foto: India TV)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani draft Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kendaraan Listrik. Dalam Perpres tersebut, terdapat beberapa insentif yang didapat produsen dan konsumen kendaraan listrik.

Bagaimana tanggapan Suzuki terkait Perpres ini? Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra mengemukakan, pihaknya siap menudukung kebijakan pemerintah. Namun, dalam mengimplementasikan kebijakan ini perusahaan masih berkoordinasi dengan kantor pusat di Jepang.

"Secara prinsip kami akan support program pemerintah. Saat ini kami dalam proses study internal dan terus berkoordinasi dengan kantor pusat kami untuk implementasi support dari kami," ujarnya, saat dihubungi iNews.id, Senin (12/8/2019).

Bagaimana dengan rencana Suzuki dalam waktu dekat, termasuk produk kendaraan listrik yang disiapkan? "Untuk detailnya kami belum bisa info," katanya.

Baca juga:

Perpres Diteken Jokowi, Ini Insentif yang Diberikan bagi Pengguna Mobil Listrik


Perpres Kendaraan Listrik Sudah Diteken, Toyota Masih Cari Mobil yang Cocok


Tunggu Detail Aturan, Wuling Belum Tentukan Sikap terkait Mobil Listrik

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan berbagai insentif disiapkan pemerintah untuk pengguna kendaraan listrik.

"Perpres itu isinya beragam, contohnya intensif mobil listrik. Di antaranya bebas retribusi parkir, subsidi untuk angkutan umum yang pakai mobil listrik, dan pengecualian peraturan ganjil genap," ujar Presiden di Jakarta, beberapa hari lalu.

Tak hanya itu, Jokowi juga berharap bisa mendorong industri otomotif untuk memproduksi mobil listrik secara massal dengan harga murah, karena bahan baku pembuatan mobil listrik sudah tersedia di dalam negeri.

"Saya harap kita bisa lebih dahulu membangun mobil listrik karena bahan baku seperti pembuatan baterai, tersedia di sini. Dengan tersedianya bahan-bahan tersebut, mungkin harganya bisa ditekan lebih murah," katanya

Pada kesempatan berbeda, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menyiapkan regulasi untuk mendukung Perpres Kendaraan Listrik yang ditandatangani Presiden Jokowi. Dia akan berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam penerapannya ini.

"Kita sedang menyiapkan semuanya. Anda tahu kebiasaan saya tidak ngomong parsial, sudah lengkap dulu baru diumumkan," kata Anies.


Editor : Dani Dahwilani

TAG : .