Perpres Kendaraan Listrik Sudah Diteken, Toyota Masih Cari Mobil yang Cocok

Riyandy Aristyo ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 13:39 WIB
Perpres Kendaraan Listrik Sudah Diteken, Toyota Masih Cari Mobil yang Cocok

Toyota siap bekerja sama dengan pemerintah terkait pengembangan kendaraan listrik yang sesuai dengan kondisi Indonesia. (Foto: Electric Vehicle News)

JAKARTA, iNews.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kendaraan Listrik (electric vehicle/EV). Berbagai insentif akan diberikan pemerintah bagi produsen otomotif yang membangun mobil listrik di Indonesia dan konsumen pengguna.

Bagaimana tanggapan Toyota terkait perpres ini? "Ini sudah lama kami tunggu. Kami (Toyota) pasti mendukung penuh kebijakan pemerintah terkait mobil listrik di Indonesia. Tentunya ini untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional," ujar Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, saat dihubungi iNews.id, Senin (12/8/2019).

Pria yang akrab dipanggil Soerjo ini menuturkan, komitmen Toyota bekerja sama dengan pemerintah terkait pengembangan kendaraan listrik yang sesuai dengan kondisi Indonesia.

"Kita sudah mengenal beberapa jenis mobil listrik, yakni hybrid EV, plug-in hybrid EV, battery EV dan fuel cell EV. Pemahaman seperti ini yang harus diedukasikan kepada masyarakat agar mereka bisa mengoperasikan mobil listrik secara aman," katanya.

Sebelumnya, Deputi GM Marketing TAM, Andri Widiyanto mengatakan, perusahaan terus berkoordinasi dengan Toyota Motor Corp dan Toyota Motor Asia Pasific terkait strategi mobil listrik di Tanah Air.

"Kami juga diskusi dan pembahasan dengan Toyota Motor Corporation (TMC) dan Toyota Motor Asia Pasific (TMAC) tentang mobil elektrik, seperti apa dan model apa yang akan dimasukkan ke Indonesia," ujar Andri.

Sekadar informasi, Toyota sendiri sudah mempunyai beberapa jenis kendaraan listrik dan sudah diperkenalkan di Indonesia, seperti Alphard hybrid, Camry hybrid, CH-R hybrid dan Corolla hybrid. Semua model tersebut sudah mengusung teknologi motor listrik. Mereka juga tengah mempertimbangkan menyematkan teknologi mobil listrik ini pada model kendaraan produksi massal.


Editor : Dani Dahwilani