Perusahaan Inggris Produksi Mobil Listrik di India

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 22:30 WIB
Perusahaan Inggris Produksi Mobil Listrik di India

Laureti Automotive menyiapkan investasi sebesar 370 juta dolar AS untuk mendirikan pabrik perakitan di Puducherry, India.

LONDON, iNews.id - Lagi-lagi industri mobil listrik kehadiran pemain baru. Kali ini, datang dari tanah Britania Raya, Inggris, bernama Laureti Automotive.

Dilansir dari Business Standart, Selasa (8/1/2019), Laureti Automotive berencana mengenalkan kendaraan SUV berpenggerak listrik bernama DionX di India dan Eropa pada 2021.

Tak main-main, perusahaan tersebut menyiapkan investasi sebesar 370 juta dolar AS untuk mendirikan pabrik perakitan di Puducherry, India.

Pabrik komponen dan perakitan mobil ini rencananya hanya berkapasitas 10.000 unit kendaraan per tahun. Namun, bisa ditingkatkan hingga 20.000 unit pada 2023.

"Fasilitas ini dijadwalkan mulai beroperasi pada kuartal ketiga 2021, sekaligus mengenalkan DionX kepada dunia," kata CEO Laureti Automotive Corporation, Marcus Paleti.

Paleti menyebutkan, salah satu model yang bisa melesat 0-100 km/jam dalam 5,4 detik, akan dilengkapi teknologi kecerdasan buatan serta fitur keselamatan optimal.

Mobil listrik DionX sendiri diklaim bisa menempuh jarak 540 km hanya dalam sekali pengisian daya.

Perusahaan yang didanai kelompok investor kecil itu berencana memboyong sistem pengisian daya yang bisa ditempatkan di lokasi umum dengan menggandeng pemerintah. Mereka juga menyiapkan alat pengisian daya untuk di rumah.

Mobil yang akan hadir dalam dua model itu diperkirakan dijual seharga Rp800 jutaan. Adapun proses pengujian teknis bakal dilakukan pada Agustus 2019.


Editor : Dani Dahwilani