Perusahaan Ini Ubah Ferrari Tua Jadi Mobil Listrik

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 12:11 WIB
Perusahaan Ini Ubah Ferrari Tua Jadi Mobil Listrik

Electric Classic Cars mengubah banyak kendaraan lama menjadi listrik, salah satunya Ferrari 308. (Foto: Carscoops)

NEWTOWN, iNews.id - Sekitar 10 tahun lalu, kendaraan listrik (electric vehicle/EV) merupakan model yang sangat langka. Namun, saat ini mereka tidak hanya menjadi semakin umum, tapi sudah mulai menyinggung produsen otomotif mengalihkan teknologi kendaraannya.

Perusahaan-perusahaan kecil yang mengkonversi kendaraan bertenaga gas dan bensin menjadi listrik sudah mulai bermunculan di sejumlah negara. Salah satunya Electric Classic Cars di Newtown, Wales.

Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah mengubah banyak kendaraan lama menjadi listrik. Salah satunya Ferrari 308.

Richard Morgan, pemilik Electric Classic Cars menyebutkan dirinya sebagai "mantan petrolhead" yang telah mengkonversi kendaraan konvensional menjadi EV.

“Itu bukan masalah lingkungan, murni dari sudut pandang mobil. Bagaimana saya bisa membuatnya lebih cepat, lebih baik, lebih dapat diandalkan," ujarnya, seperti dilansir dari Carscoops, Kamis (14/8/2019).

Morgan menuturkan Ferrari ubahannya mampu berakselerasi 60 mph (96 km/jam) dalam waktu sekitar 3,5 detik. Dia mengklaim waktu dapat diturunkan menjadi 2,7 detik, tetapi komponen lain dari mobil ini tidak akan mampu menangani akselerasi tersebut.

Pengembangan mobil listrik mengambil powertrain dari Nissan Leaf atau kendaraan Tesla yang mengalami kecelakaan. Sebagian besar kemudian melepas mesin dan tangki bahan bakar dari mobil yang sedang mereka kerjakan dan menggantinya dengan baterai serta motor listrik yang dihubungkan ke gearbox asli.

Konversi semacam ini menghabiskan biaya sekitar 24.000 dolar AS, tetapi karena semakin banyak kendaraan listrik di jalanan, harga kemungkinan akan mulai turun dan mobil klasik bertenaga listrik akan menjadi lebih umum.


Editor : Dani Dahwilani