Produksi Mobil Kecil di Eropa, Toyota Akuisisi Saham PSA Group

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 04 Desember 2018 - 23:35 WIB
Produksi Mobil Kecil di Eropa, Toyota Akuisisi Saham PSA Group

Produksi mobil kecil di Eropa, Toyota mengakuisisi saham kelompok perusahaan otomotif PSA Group atas pabrik di Republik Ceko. (Foto: Reuters)

PRAHA, iNews.id - Raksasa otomotif Jepang, Toyota mengakuisisi saham kelompok perusahaan otomotif PSA Group atas pabrik yang bermarkas di Republik Ceko. Fasilitas tersebut dibeli Toyota untuk dikelola bersama guna memproduksi mobil kecil.

Dikutip dari Reuters, Selasa (4/12/2018), Toyota akan mulai mengambil kepemilikan penuh pabrik di Kolin, Ceko mulai Januari 2021. Pabrik tersebut akan memproduksi model mobil kompak 'generasi kekinian'.

PSA juga akan memasok model lain berupa van kompak untuk mitranya dari pabrik Vigo, Spanyol, pada 2019.

Rencananya, kedua perusahaan itu akan memproduksi model seperti Peugeot 108, Citroen C1 dan Toyota Agyo. Hal ini merupakan salah satu tujuan Toyota untuk memproduksi mobil masa depan di Eropa.

"Toyota bermaksud melanjutkan produksi dan pekerjaan masa depan di pabrik Kolin," kata pihak perusahaan tanpa merinci nilai transaksi dari akuisisi tersebut.

Sekadar informasi, kerja sama Toyota dan PSA sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Hasilnya, PSA sudah merakit van untuk Toyota di pabrik Sevelnord, Prancis utara.


Editor : Dani Dahwilani