Riset Pasar Indonesia, Tim Toyota Selesaikan Perjalanan 1.000 Km

Dani M Dahwilani · Minggu, 17 November 2019 - 11:15 WIB
Riset Pasar Indonesia, Tim Toyota Selesaikan Perjalanan 1.000 Km

Perjalanan 5 Continents Drive merupakan project Genchi Genbutsu berskala global memberikan tantangan bagi karyawan Toyota belajar dari jalanan di seluruh dunia. (Foto: Toyota)

JAKARTA, iNews.id – Setelah menempuh perjalanan panjang lebih dari 1.000 km dari Jakarta-Surabaya, selama 4 hari pada 12–15 November 2019, rombongan principal Toyota Motor Corporation (TMC) beserta perwakilan Toyota Indonesia yang tergabung dalam project Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020, mengumpulkan data karakter medan dan pasar Indonesia. Bagaimana perjalanan mereka?
 
“Kami ucapkan selamat kepada rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020  yang bermodalkan semangat Genchi Genbutsu untuk mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya, telah berhasil menyelesaikan perjalanan panjang sejauh 1.000 km di Indonesia. Kami harapkan berbagai kondisi infrastruktur jalan, kultur berkendara yang unik, dan keberagaman kebutuhan konsumen di Indonesia dapat menjadi pelajaran berharga yang turut mengembangkan kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota untuk senantiasa menghadirkan ever-better cars sebagai solusi terhadap kebutuhan mobilitas konsumen, termasuk di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata dalam keterangan persnya kepada iNews.id yang dilansir Minggu (17/11/2019).

Perjalanan 5 Continents Drive merupakan project Genchi Genbutsu berskala global memberikan tantangan bagi karyawan Toyota belajar dari jalanan di seluruh dunia sekaligus mendengar masukan dari konsumen, manufaktur, distributor, dealer, komunitas, dan karyawan sebagai stakeholders Toyota di berbagai belahan dunia.

Toyota melalui tim 5 Continents Drive telah merasakan secara langsung tantangan sekaligus keunikan dalam berkemudi di Indonesia mulai dari jalan tol yang selalu padat dan tidak pernah lepas dari kemacetan, tekstur aspal tebal dan beton keras, kontur jalanan yang naik-turun, hingga jalan raya antarkota yang masih banyak digunakan konsumen di Indonesia.

“Semangat Genchi Genbutsu sejatinya telah kami terapkan sejak dulu, di mana kami selalu menghadirkan mobil yang sesuai dengan karakter masyarakat dan geografis di Indonesia, termasuk dua produk kami yang berhasil menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia yaitu Toyota Kijang dan Toyota Avanza. Kedua produk ini menjadi bukti komitmen kami untuk terus menguatkan semangat Genchi Genbutsu dalam mengikuti perkembangan dan perubahan kebutuhan konsumen terhadap mobilitas," kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto.

Berawal dari sebuah filosofi “road train people and people make cars” dan berlandaskan semangat Genchi Genbutsu, Toyota Motor Corporation (TMC) bersama Toyota GAZOO Racing (TGR) terinspirasi membuat project perjalanan 5 Continents Drive dengan tujuan akhir “Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow”.

5 Continents Drive project dimulai pada 2014 di benua Australia, kemudian berlanjut ke benua Amerika Utara pada 2015, Amerika Selatan pada 2016, Eropa pada 2017, Afrika pada 2018, hingga ke benua Asia yang dimulai dari Timur Tengah pada awal 2019.

Lima tahun sejak perjalanan ini dimulai, 5 Continents Drive project telah melalui jalanan di berbagai belahan dunia sepanjang 108.600 kilometer, menghabiskan waktu sebanyak 449 hari, dan melibatkan lebih dari 693 peserta, yang merupakan karyawan Toyota dengan spesialisasi di area pabrik, engineering, dan technical.

5 Continents Drive project di Indonesia melibatkan 31 perwakilan Toyota. Di mana empat diantaranya adalah karyawan Toyota Indonesia. Rombongan ini menempuh jarak sepanjang 1.000 kilometer dari Jakarta ke Jawa Timur dengan menggunakan sembilan model line-up produk Toyota di Indonesia. Di mana empat di antaranya berteknologi elektrifikasi.

Untuk mendukung perjalanan 5 Continents Drive project di Indonesia, Toyota menggunakan sembilan produk andalannya. Di mana empat produk yang digunakan adalah produk berteknologi elektrifikasi, yaitu Toyota C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV.

Editor : Dani Dahwilani