Setelah BMW, Mobil Masa Depan Fiat Akan Gunakan Transmisi ZF 8-Percepatan

Dani M Dahwilani · Minggu, 07 Juli 2019 - 14:15:00 WIB
Setelah BMW, Mobil Masa Depan Fiat Akan Gunakan Transmisi ZF 8-Percepatan
Fiat Chrysler Automobiles (FCA) telah mencapai kesepakatan dengan pabrikan transmisi ZF untuk menggunakan gearbox otomatis 8-percepatan terbaru. (Foto: Carscoops)

MILAN, iNews.id - Fiat Chrysler Automobiles (FCA) telah mencapai kesepakatan dengan pabrikan transmisi ZF untuk menggunakan gearbox otomatis 8-percepatan terbaru. Transmisi tersebut akan digunakan untuk model kendaraan masa depan berpenggerak belakang dan all-wheel drive (AWD).

Dilansir dari Carscoops, Minggu (7/7/2019), gearbox ini menggunakan penggerak listrik terintegrasi dan akan diterapkan dengan hampir semua mobil FCA dengan tata letak longitudinal depan. Transmisi juga dapat digunakan pada kendaraan plug-in hybrid. Namun, FCA belum menentukan model mana yang akan mendapatkan transmisi tersebut pertama.

Produksi transmisi baru akan dimulai pada 2022 dan akan dibangun di pabrik perusahaan di Saarbrucken, Jerman. Gearbox ZF juga akan diproduksi di lokasi lain, termasuk Amerika Serikat dan China.

“Kami senang dinominasikan sebagai pemasok transmisi global oleh FCA. Ini adalah pesanan utama kedua kami untuk transmisi 8HP baru. Hal ini menegaskan strategi kami untuk fokus pada plug-in hybrid sebagai solusi setiap hari dan untuk mengembangkan produk yang menarik di area ini,” ujar Kepala Eksekutif ZF Wolf-Henning Scheider.

Dia mengatakan pesanan terbesar kedua dalam sejarah tersebut datang hanya tiga bulan setelah menandatangani pesanan tunggal terbesar dengan BMW, untuk memasok transmisi 8HP generasi terbaru.

Beberapa produsen mobil mulai bergeser dari transmisi kopling ganda ke produk yang dipasok ZF. BMW misalnya, hanya menjual M5 baru dengan transmisi konverter torsi 8HP ZF sebagai pengganti kopling ganda lama.

Unit ZF tidak hanya lebih murah, tetapi juga lebih andal dan dapat dengan mudah mendukung tenaga serta torsi untuk mesin turbocharged.

Editor : Dani M Dahwilani