Setelah Tiguan Allspace, GMM Bakal Produksi Mobil VW Lainnya di Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 10:45 WIB
Setelah Tiguan Allspace, GMM Bakal Produksi Mobil VW Lainnya di Indonesia

Setelah memproduksi Tiguan Allspace, GMM juga bakal membangun model lainnya di pabrik Cikampek, Jawa Barat. (Foto: Volkswagen)

JAKARTA, iNews.id - Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen (VW) di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor (GMM) resmi memproduksi Tiguan Allspace di Indonesia. Tak hanya itu, GMM juga bakal memproduksi model lainnya di pabrik yang berada di Cikampek, Jawa Barat.

"Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi 6.000 unit setahun untuk Tiguan Allspace. Bahkan, dapat ditingkatkan untuk model lain," ujar Chief Operating Officer GMM, Jonas Cendhana, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sayang, Jonas tidak memberikan informasi terkait model apa yang akan diproduksi di pabrik tersebut. Namun, dugaan kuat model itu bisa datang dari VW Touran atau VW Golf.

"Saya tidak bisa bilang tipe apa yang bisa di-assembling. Kapasitasnya cukup besar, sehingga kita bisa siapkan untuk model-model lain. Kita lihat nanti," katanya.

Diketahui, 2019 menjadi debut Volkswagen memproduksi mobil MKD (medium knocked down) di Indonesia dengan fokus pada satu model, yakni VW Tiguan Allspace LWB (Long Wheel Base).

"Pabrik ini diharapkan mampu memproduksi 6.000 unit Volkswagen setiap tahun, dengan fokus pertama Tiguan Allspace. Kualitasnya sudah standard principal, sama seperti di pabrik Volkswagen AG Jerman," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Presiden Direktur GMM, Andrew Nasuri mengatakan, dengan diproduksinya VW di Cikampek, bisa membuat harga modelnya di Indonesia lebih murah dan bersaing dengan pabrikan otomotif lain.

"Kami sengaja memproduksi Volkswagen di Indonesia sehingga lebih banyak orang dapat memiliki mobil VW," kata Andrew.

Sekadar informasi, saat ini VW memasarkan produknya di Indonesia dengan harga termurah VW Polo Rp265 - Rp308 juta. Sementara model termahal adalah VW Caravelle Rp1,72 - Rp1,84 miliar.


Editor : Dani Dahwilani