Soal Limosin Kim Jong Un, Mercedes-Benz Ngaku Tak Pernah Jual

Riyandy Aristyo · Selasa, 30 April 2019 - 15:15 WIB
Soal Limosin Kim Jong Un, Mercedes-Benz Ngaku Tak Pernah Jual

Terekam video, Mercedes-Benz mengaku tidak pernah menjual mobil ke pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. (Foto: Jalopnik)

STUTTGART, iNews.id - Sempat beredar video yang memperlihatkan Limosin baru Kim Jong Un keluaran Mercedes-Benz (Mercy) yang dikawal beberapa pengawal pribadi. Video tersebut rupanya memunculkan banyak pertanyaan.

Dikutip dari Jalopnik, Selasa (30/4/2019), dalam video Kim Jong Un menggunakan mobil limosin Mercy yang dilengkapi komponen keamanan tambahan. Padahal, Mercy justru mengaku sedang menjauhkan diri dari pemimpin Korea Utara itu.

"Kami tidak tahu bagaimana kendaraan itu dikirim ke Korea Utara," ujar Juru Bicara Daimler (perusahaan induk Mercedes-Benz), Silke Mockert.

Ada kemungkinan, Kim membeli mobil ini dalam kondisi bekas dari negara lain, seperti China. Namun, yang menjadi masalah bagi Mercedes adalah mereka tidak bisa menarik mobil itu dari Korea Utara.

"Bagi Daimler, mengekspor mobil sesuai dengan hukum adalah prinsip dasar dari kegiatan wirausaha yang bertanggung jawab," kata Mockert.

Selain itu, Korea Utara saat ini juga tengah berada di bawah larangan Amerika Serikat untuk mendatangkan berbagai barang mewah, termasuk limosin. Hal ini dilakukan agar mereka tak melanjutkan pengembangan senjata nuklir.

Meski demikian, Kim masih memiliki dua limosin yang saat ini berada di Vladivostok Rusia, yakni Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard dan Mercedes-Maybach S62.

Kim juga diyakini menggunakan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard saat bertemu dengan Donald Trump, Presiden Amerika Serikat di Singapura pada Juni 2018 dan di Hanoi Februari 2019.


Editor : Dani Dahwilani