Suzuki: 80 Persen Mobil Mogok saat Mudik Masalah Kopling dan Aki

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 26 Mei 2019 - 16:35 WIB
Suzuki: 80 Persen Mobil Mogok saat Mudik Masalah Kopling dan Aki

Suzuki mengungkapkan berdasarkan mudik Lebaran tahun sebelumnya, banyak kendaraan mogok di jalan karena masalah kopling dan aki. (Foto: Dok/Suzuki)

JAKARTA, iNews.id - Mudik Lebaran menjadi momen bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk berkunjung dan bertemu bersama keluarga di kampung halaman. Banyak di antara mereka yang memilih berangkat menggunakan kendaraan pribadi.

Namun, jalanan yang menantang dan kemacetan di jalan raya, baik saat menuju kampung halaman maupun berwisata bersama keluarga kerap menyebabkan kendaraan bermasalah. Ini terjadi karena banyak faktor, di antaranya usia kendaraan dan malas mengecek kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

Section Head of Service Administration PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Totok Yulianto mengemukakan, berdasarkan pengalaman mudik Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya, banyak kendaraan mogok di jalan karena masalah kopling dan accu (aki).

"Banyak mobil yang mogok karena hampas koplingnya habis. Ini karena pengemudi lama menginjak kopling. Apalagi pada saat macet di jalan menanjak, banyak yang menginjak setengah kopling sehingga kampas kopling cepat habis," ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Totok menyebutkan, jika terjadi kerusakan kampas kopling pada mobil mau tidak mau harus dibawa ke bengkal menggunakan towing car.

Menurutnya, masalah kedua adalah baterai atau aki soak. Ini terjadi karena banyak pemilik kendaraan yang lupa mematikan lampu.

"Banyak pemudik yang lupa mematikan lampu pada saat kendaraan terparkir. Akibatnya, aki cepat habis. Jika aki sudah benar-benar habis di jalan mau tidak harus diderek," kata Totok.

Dia menyatakan, berdasarkan permasalahan tersebut pada mudik Lebaran tahun ini Suzuki fokus menyiapkan 162 towing car. Masing-masing 141 unit towing car bagi kendaraan roda empat dan 21 unit towing car untuk kendaraan roda dua.

Editor : Dani Dahwilani