Target Nomor 1, Ini Strategi Mitsubishi di 2019

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 11:42 WIB
Target Nomor 1, Ini Strategi Mitsubishi di 2019

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura. (Foto: Dok/MMKSI)

JAKARTA, iNews.id - Gaikindo telah memproyeksikan penjualan mobil di Indonesia menembus angka 1,1 juta unit pada 2019. Hal tersebut seiring dengan rencana perusahaan otomotif meluncurkan produk-produk terbaru pada tahun ini.

Situasi ini memicu Mitsubishi Indonesia berkompetisi dalam penjualan dan purnajual kendaraan. Mereka bahkan menargetkan menduduki posisi nomor satu dalam berbagai layanan.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura mengemukakan, pada November 2018, MMKSI telah mendapatkan predikat “Mitsubishi Motors’s No1 Distributor in the World”. Untuk lebih memperkuat posisi brand Mitsubishi di Indonesia dan mencapai target penjualan 2019, MMKSI akan mengimplementasikan berbagai strategi.

Pertama, kata dia, MMKSI akan meluncurkan beberapa produk baru dan penyegaran yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan agar MMKSI dapat memperkuat lini penjualan dan mencapai target yang telah ditetapkan pada tahun fiskal 2019.

Baca: Tumbuh 84 Persen, Mitsubishi Cetak Penjualan 146.805 Unit

Dia menyebutkan, pihaknya juga akan memaksimalkan pengiriman kendaraan ke konsumen. "Saat ini, waktu inden dan pengiriman unit Xpander sudah berjalan normal dengan rata-rata waktu pengiriman maksimal satu bulan untuk wilayah DKI Jakarta. Adapun rencana produksi pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia akan ditingkatkan hingga 160.000 unit per tahun di tahun fiskal 2020," ujarnya di Jakarta.

Strategi selanjutnya, MMKSI berencana memenuhi target pengembangan dealer resmi kendaraan penumpang menjadi 153 dealer hingga akhir tahun fiskal 2019. Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi dan Cat juga ditargetkan bertambah pada akhir tahun fiskal 2019 menjadi 20 fasilitas di seluruh Indonesia.

"Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen memperoleh layanan terbaik dengan standar Mitsubishi," kata Nakamura.

Untuk layanan terhadap konsumen, Direktur Divisi Sales dan Marketing MMKSI Irwan Kuncoro menambahkan, pihaknya memiliki target mempertahankan serta meraih kepuasan konsumen tertinggi melalui layanan penjualan-purnajual, yakni penghargaan SSI dan CSI nomor satu pada 2019.

"Untuk itu, kami akan terus meningkatkan layanan penjualan dan purnajual dengan maksimal kepada konsumen," ujarnya.

Di sis lain, sebagai sarana pendukung utama pencapaian target, aktivitas above the line, below the line, PR dan digital akan terintegrasi dengan peningkatan saluran komunikasi yang lebih optimal. Di mana Mitsubishi akan menggelar beragam event, mulai dari partisipasi pada pameran otomotif berskala international, regional hingga pameran yang diselenggarakan dengan menerapkan standar MMKSI dalam desain booth dan konsep pameran.


Editor : Dani Dahwilani