Tesla Rumahkan dan Pangkas Gaji Karyawan akibat Pandemi Corona

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 09 April 2020 - 10:30 WIB
Tesla Rumahkan dan Pangkas Gaji Karyawan akibat Pandemi Corona

Karyawan Tesla yang terkena pemotongan gaji akan dimulai pada pembayaran 13 April 2020, berlaku hingga akhir kuartal kedua 2020. (Foto: AFP)

CALIFORNIA, iNews.id - Tesla merumahkan sebagian karyawannya yang bekerja di sektor tidak terlalu penting. Tak hanya itu, produsen mobil listrik ini juga bakal memangkas gaji selama penutupan pabrik di Amerika Serikat (AS) karena pandemi Covid-19.

Dikutip dari Reuters, Kamis (9/4/2020), gaji karyawan Tesla yang terkena pemotongan akan dimulai pada pembayaran 13 April 2020. Pemotongan ini juga berlaku hingga akhir kuartal kedua 2020.

Di Amerika Serikat, gaji pekerja akan dipotong sebesar 10 persen, gaji direktur sebesar 20 persen, dan gaji wakil direktur sebesar 30 persen. Pengurangan yang sebanding juga akan diterapkan di luar negeri.

Setelah urusan pembayaran karyawan selesai, Tesla akan memikirkan terkait pembukaan pabrik. "Jika tidak ada perubahan signifikan, Tesla berencana membuka pabrik operasionalnya pada 4 Mei 2020," kata Penasihat Internal Tesla, Valerie Capers Workman.

Pabrikan yang bermarkas di California ini diketahui menghentikan produksi kendaraannya di San Francisco Bay Area dan pabrik tenaga surya di New York, sejak 24 Maret. Selain pandemi Covid-19, penutupan tersebut juga bagian dari upaya pengelolaan biaya untuk rencana jangka panjang.

Editor : Dani Dahwilani